Ahli Sebut Cacar Monyet Kecil Kemungkinan Jadi Pandemi, Ini Alasannya

Senin, 23 Mei 2022 - 14:46 WIB
loading...
Ahli Sebut Cacar Monyet Kecil Kemungkinan Jadi Pandemi, Ini Alasannya
Penyakit cacar monyet kian mengkhawatirkan. Sebanyak 92 kasus telah dilaporkan ke Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan 28 lain dinyatakan suspek. Foto Ilustrasi/Netec
A A A
JAKARTA - Penyakit cacar monyet kian mengkhawatirkan. Sebanyak 92 kasus telah dilaporkan ke Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan 28 lain dinyatakan suspek. Indonesia diminta perketat pintu masuk sebelum kasus ini merebak di Tanah Air.

Jika melihat angka kasusnya, mungkin Anda menilai itu angka yang kecil. Tapi, karena kejadian kasus bukan di negara endemi, makanya cacar monyet mendapat perhatian penuh banyak negara.

Ya, penyelidikan terus dilakukan. Ini untuk mengetahui bagaimana penyakit itu bisa mewabah, terlebih kebanyakan kasus di Inggris misalnya, pasien tidak habis datang dari Afrika yang merupakan endemi cacar monyet.

Baca Juga: Wabah Cacar Monyet Dikaitkan dengan LGBT, IDI: Bukan Penyakit Gay

Di sisi lain, apakah cacar monyet ini akan jadi pandemi berikutnya? Mungkinkah hal tersebut terjadi?

Ahli Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman menjawab bahwa kemungkinan ini akan jadi pandemi sangatlah kecil. Kenapa begitu?



"Karena vaksinnya sudah ada dan banyak negara sudah memberikannya ke penduduk," ungkap Dicky pada MNC Portal, Senin (23/5/2022).

Karena vaksinnya sudah tersedia, lanjut Dicky, artinya imunitas atau kekebalan tubuh terhadap cacar sudah ada. Sedangkan satu penyakit dikategorikan sebagai pandemi jika imunitas belum terbentuk di masyarakat.

"Dengan kata lain, dengan sendirinya potensi cacar monyet jadi pandemi menjadi sangat kecil," tegasnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1428 seconds (10.101#12.26)