Suka Makan Jengkol? Ini, Lho, Manfaatnya!

Senin, 23 Mei 2022 - 14:50 WIB
loading...
Suka Makan Jengkol? Ini, Lho, Manfaatnya!
Di balik baunya yang menyengat, jengkol ternyata memiliki banyak manfaat. Foto/KlikDokter
A A A
JAKARTA - Begitu mendengar kata jengkol, Anda tentu langsung teringat akan baunya yang khas, bukan? Meski demikian, ternyata tak sedikit yang menjadikan jengkol sebagai santapan favorit. Anda salah satunya?

Jengkol, atau dalam bahasa latin Archidendron pauciflorum, banyak ditemukan di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Tumbuhan ini sering dikonsumsi sebagai lalapan ataupun semur.

Bau jengkol dapat bertahan lama tidak hanya di mulut. Ketika buang air kecil sekalipun, jengkol menimbulkan bau yang cukup khas. Hal inilah yang pada akhirnya mengurungkan niat seseorang untuk mencicipi makanan ini.

Walau memiliki bau yang menyengat, manfaat jengkol untuk kesehatan tidak main-main. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Menangkal Radikal Bebas

Jengkol memiliki kandungan vitamin A dan C di dalamnya. Kedua vitamin ini bertindak sebagai antioksidan yang dapat mengatasi radikal bebas, penyebab daya tahan tubuh menurun.



Baca Juga : Bahaya Makan Jengkol Terlalu Banyak

2. Mencegah Terjadinya Anemia

Kandungan zat besi yang cukup banyak pada jengkol berguna dalam memperbanyak produksi sel darah merah. Oleh karena itu, konsumsi jengkol bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1254 seconds (10.55#12.26)