Liburan ke Banggai Laut, Ini Destinasi Wisata dan Kuliner yang Bisa Dijajal

Selasa, 24 Mei 2022 - 19:09 WIB
loading...
Liburan ke Banggai Laut, Ini Destinasi Wisata dan Kuliner yang Bisa Dijajal
Indonesia kaya akan destinasi wisata berupa pantai serta laut indah yang dapat dikunjungi. Salah satu destinasi menarik yang bisa Anda coba yakni Banggai Laut. Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Sebagai negara kepulauan, Indonesia kaya akan destinasi wisata berupa pantai serta laut indah yang dapat dikunjungi. Salah satu destinasi menarik yang bisa Anda coba yakni Banggai Laut.

Banggai Laut merupakan kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Tengah. Kabupaten Banggai Laut ini adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Banggai Kepulauan yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012.

Sesuai namanya, Anda bisa menikmati keindahan pemandangan lautan, karena daerah Banggai Laut didominasi lautan daripada daratan. Oleh karena itu, salah satu mata pencaharian masyarakatnya yakni melaut.

Hal tersebut dipaparkan Pemuda Perindo Banggai Laut sekaligus DPRD Kabupaten Banggai Laut, Irwan Lajumi di Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia. Irwan mengatakan, dua hal yang populer di Banggai Laut dari segi pariwisata yakni Desa Mbuang Mbuang dan wisata budaya Festival Malabot Tumbe.

Baca Juga: Podcast Aksi Nyata Perindo: Intip Keindahan Banggai Laut, Surga Tersembunyi di Sulawesi Tengah

“Selain itu juga ada Pantai Oyama,” ucap Irwan Lajumi dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo , Selasa (24/5/2022).

Hanya saja, kata dia, untuk sampai ke Banggai Laut memerlukan waktu yang tak sedikit. Terlebih ke Desa Mbuang Mbuang. “Durasi ke Banggai Laut dari Kabupaten Banggai itu bisa 8-9 jam,” ujarnya.



Dia mengakui, sarana dan prasarana masih minim, termasuk dalam hal transportasi. Rencananya, dalam waktu dekat, Banggai Laut akan memiliki bandara yang diharapkan bisa meningkatkan pariwisata di sana.

Irwan juga membocorkan dana yang perlu dipersiapkan bila ingin berlibur ke Banggai Laut. “Misalnya dari Jakarta, pesawat PP itu kurang lebih Rp5 juta,” ungkapnya.

Baca Juga: Podcast Aksi Nyata Perindo: Google dan Facebook sebagai Platform Terbaik Bagi Pelaku Digital Marketing Pemula

Kemudian transportasi ke Banggai Laut dan Desa Mbuang Mbuang diperkirakan mencapai kurang lebih Rp3 juta. “(Kira-kira) Rp10 juta sudah cukup. Untuk penginapan, di sana ada homestay,” kata Irwan.

Selain destinasi wisata pantai dan laut, Irwan juga mengungkap salah satu kuliner khas Banggai Laut yang wajib dicoba. Yaitu, ubi banggai. “Jadi ini adalah ubi yang memang hidupnya itu tidak bisa di daerah lain kecuali di Banggai,” tukasnya.
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1200 seconds (11.97#12.26)