Berbahaya! Ini Penyebab Benjolan di Belakang Telinga

Jum'at, 27 Mei 2022 - 13:56 WIB
loading...
Berbahaya! Ini Penyebab Benjolan di Belakang Telinga
Penyebab benjolan di belakang telinga bisa berdampak bahaya apabila terus didiamkan. Foto Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penyebab benjolan di belakang telinga bisa berdampak bahaya apabila terus didiamkan. Benjolan di telinga biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi , luka, pembengkakan, dan sebagainya.

Beberapa orang mungkin akan cenderung tidak mempedulikannya dan menganggap benjolan di belakang telinga merupakan hal yang biasa. Padahal apabila didiamkan, bisa bertambah bahaya. Apalagi jika diikuti oleh keluhan lain dan berkelanjutan.
Baca juga : Tips Membersihkan Earphone Demi Mencegah Infeksi Telinga

Berikut beberapa penyebab benjolan di belakang telinga seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Infeksi Virus atau Bakteri

Penyebab benjolan di belakang telinga yang pertama adalah virus atau bakteri. Hal tersebut merupakan penyebab umum yang sering membuat benjolan di belakang telinga.

Contoh infeksi yang bisa menjadi penyebab munculnya benjolan di belakang telinga tersebut adalah mononekluosis, cacar, radang, hingga HIV/AIDS.

2. Abses

Penyebab benjolan di belakang telinga yang berikutnya adalah abses. Abses merupakan benjolan berisi nanah yang muncul ketika tubuh melawan bakteri penyebab infeksi.

Saat melawan bakteri atau virus, tubuh secara otomatis akan mengirimkan sel darah putih ke area tubuh yang terinfeksi bakteri atau virus. Sel darah putih dan bakteri yang mati akan menggumpal menjadi nanah dan menjadi sebuah benjolan di belakang telinga.

3. Otitis Media
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2088 seconds (0.1#10.140)