Berbahaya! Ini Penyebab Benjolan di Belakang Telinga

Jum'at, 27 Mei 2022 - 13:56 WIB
loading...
A A A
Penyebab benjolan di belakang telinga yang ketiga adalah otitis media. Otitis media merupakan sebuah infeksi yang terjadi pada telinga bagian tengah. Infeksi otitis media ini akan menyebabkan rasa sakit pada telinga, hingga penggumpalan cairan dan pembengkakan di belakang telinga.

Otitis media yang sering terjadi dan tidak segera mendapatkan perawatan medis dapat mengakibatkan komplikasi seperti kehilangan pendengaran, meningitis, infeksi telinga bagian dalam, dan gendang telinga pecah.
Baca juga : Gendang Telinga Aura Kasih Bocor, Begini Penjelasan Dokter

4. Mastoiditis

Penyebab benjolan di belakang telinga yang selanjutnya adalah mastoiditis. Mastoiditis merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada tulang di belakang telinga yang berfungsi dalam proses pendengaran atau yang biasa disebut dengan tulang mastoid.

Gejala yang dirasakan ketika terkena mastoiditis di antaranya adalah keluar nanah dari telinga, sakit kepala, dan muncul benjolan pada belakang telinga. Penyebab seseorang terkena Mastoiditis salah satunya adalah karena penyakit otitis media yang tidak segera mendapat perawatan medis. Hal tersebut mengakibatkan bakteri atau virus yang berasal dari rongga telinga tengah menyebar ke tulang mastoid.

5. Limfadenopati

Penyebab benjolan di belakang telinga yang terakhir adalah limfadenopati. Limfadenopati merupakan keadaan ketika terjadi pembengkakan kelenjar getah bening. Ketika kelenjar getah bening yang ada di belakang telinga membengkak, maka akan terjadi benjolan di bagian tersebut. Limfadenopati sering disebabkan karena peradangan, infeksi, bahkan kanker.

Demikian beberapa penyebab benjolan di belakang telinga yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai penyebab munculnya benjolan pada bagian belakang telinga.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)