Waspada, Ini 5 Penyebab Rambut Rontok Parah

Jum'at, 27 Mei 2022 - 15:43 WIB
loading...
Waspada, Ini 5 Penyebab Rambut Rontok Parah
Sedikitnya ada lima penyebab rambut rontok parah yang mesti diketahui. Foto Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima penyebab rambut rontok parah yang mesti diketahui. Penyebab rambut rontok parah pada seseorang diakibatkan oleh beberapa faktor, dari faktor stres berlebihan hingga faktor usia.

Secara medis, rambut terbuat dari protein khusus yang dibuat dalam akar rambut atau biasa disebut dengan folikel. Saat folikel membuat sel rambut baru, maka sel rambut yang lama akan terdorong keluar. Hal inilah yang sering disebut dengan rambut rontok.

Sebagian orang mungkin akan menganggap remeh permasalahan rambut rontok, karena kehilangan berhelai-helai rambut dalam sehari merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, apabila mengalami kerontokan setiap hari, kemungkinan rambut terindikasi adanya penyakit . Hal ini harus diwaspadai dengan terlebih dahulu mengetahui penyebabnya.
Baca juga : Shampo yang Bagus untuk Rambut Rontok

Berikut lima penyebab rambut rontok parah dikutip dari berbagai sumber :

1. Stres

Penyebab rambut rontok parah yang pertama adalah stres. Kondisi stres pada seseorang, baik stres secara fisik maupun stres secara emosional menjadi salah satu rambut rontok. Hal ini dikarenakan kondisi stres yang menimpa seseorang ini akan berpengaruh pada sistem kerja tubuhnya dan salah satu akibat yang dikeluarkan adalah dengan rontoknya rambut.

2. Efek Samping Obat-obatan

Penyebab rambut rontok parah yang kedua adalah efek samping obat-obatan. Efek samping dari obat yang tubuh konsumsi dapat menjadi salah sebab untuk kerontokan rambut secara berulang. Sebagai contoh, seperti pemakaian pil KB, obot antidepresan, Vitamin A dosis tinggi, dan lainnya.

3. Perubahan Hormon

Penyebab rambut rontok parah yang ketiga adalah perubahan hormon. Adanya perubahan hormon pada tubuh seperti yang terjadi pada wanita hamil atau setelah melahirkan dan menyusui menyebabkan potensi rambut rontok secara berulang.

4. Proses penyembuhan dari Sakit

Penyebab rambut rontok parah yang selanjutnya adalah proses penyembuhan dari sakit. Hal ini merupakan faktor penyebab rambut rontok yang tidak berbahaya bagi tubuh, karena hal tersebut merupakan proses penyembuhan diri setelah diri anda sakit sebelumnya.
Baca juga : Rambut Rontok Tanpa Kendali? Ini Cara Mencegahnya Secara Instan

5. Menderita Penyakit Tertentu

Penyebab rambut rontok parah yang terakhir adalah terkena penyakit tertentu. Rambut seseorang akan rontok parah ketika dirinya sedang menderita penyakit tertentu, seperti penyakit kelenjar tiroid, infeksi jamur, hingga sifilis.

Demikian 5 penyebab rambut rontok parah yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6139 seconds (0.1#10.140)