Punya Riwayat Maag? Hindari Konsumsi Buah-buahan Ini

Senin, 30 Mei 2022 - 11:07 WIB
loading...
Punya Riwayat Maag? Hindari Konsumsi Buah-buahan Ini
Stroberi salah satu buah yang harus dihindari penderita maag. Foto/Boldsky
A A A
JAKARTA - Mengonsumsi buah-buahan umumnya baik untuk kesehatan karena kaya kandungan gizi. Tapi, bagi orang yang memiliki riwayat penyakit maag , ada beberapa buah yang sebaiknya dihindari karena dapat memicu penyakit gangguan lambung itu kambuh.

Dikutip dari Klikdokter, sakit maag ditandai dengan adanya kenaikan asam lambung. Kondisi inilah yang kemudian memicu berbagai keluhan seperti nyeri ulu hati, rasa perih di dada, mual hingga muntah, kembung, atau cepat kenyang.



Kenaikan asam lambung ini bisa dipicu oleh berbagai hal, salah satunya melalui makanan yang dikonsumsi. Meski tampaknya aman, kenyataannya tak semua buah dapat dikonsumsi oleh para penderita maag . Beberapa jenis buah justru membuat keluhan maag sering kambuh atau semakin memburuk.

Buah dengan tingkat keasaman yang tinggi kaya akan kandungan asam sitratnya. Buah yang termasuk ke dalam golongan ini dibagi menjadi dua kelompok:

1. Buah yang rasanya asam atau berasal dari golongan sitrus

Yang termasuk di sini yaitu nanas, plum, blackberry, raspberry, jeruk, jeruk nipis, stroberi, persik, delima, dan buah asam (tamarind). Buah pada golongan ini sebaiknya betul-betul dihindari oleh penderita maag karena kandungan asamnya dapat memperburuk keluhan.

2. Buah semi-asam

Contohnya seperti kesemek, apel hijau, markisa, jambu merah, anggur, jeruk mandarin dan kismis. Kandungan asam sitrat pada kelompok ini lebih rendah daripada kelompok pertama dan karenanya lebih bisa ditoleransi oleh penderita maag.



Namun, bila keluhan maag tetap timbul atau memburuk, sebaiknya juga dihindari. Sebaliknya, penderita maag dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan yang bersifat alkali atau basa.

Buah-buah dalam golongan ini umumnya memiliki rasa yang manis bila sudah matang. Beberapa contoh yang mudah didapat yakni pepaya, pisang, apel, pir, buah naga, mangga, melon, semangka, alpukat, blewah dan kiwi.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2128 seconds (0.1#10.140)