Kembali Digelar, AYDA Angkat Hubungan Harmonis Manusia dan Alam

Selasa, 31 Mei 2022 - 09:59 WIB
loading...
Kembali Digelar, AYDA Angkat Hubungan Harmonis Manusia dan Alam
Hubungan antara manusia dan alam itu pun coba diangkat dalam kompetisi desain Asia Young Designer Awards ke-15. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Ketika pandemi Covid-19 menyerang, sejumlah negara di dunia menerapkan berbagai kebijakan pembatasan mobilitas untuk mengurangi risiko penularan. Kebijakan itu memaksa orang-orang untuk tetap tinggal di rumah. Kegiatan kerja, sekolah, tempat hiburan hingga ibadah pun harus dibatasi.

Meski tampak kurang menyenangkan, namun hal tersebut justru memberikan sisi positif yang lain. Ya, kondisi bumi disebut jadi lebih membaik karena berkurangnya nitrogen dioksida atau polutan lingkungan di beberapa negara yang biasa ditimbulkan aktivitas manusia.

Dilema pun muncul, karena meskipun kondisi bumi membaik, namun industri harus berhenti beroperasi akibat wabah penyakit yang tidak hanya berdampak bagi psikologis manusia, tetapi juga pada stabilitas ekonomi.

Baca juga: 5 Poin yang Perlu Diperhatikan agar Makin Semangat Capai Life Goals

Hubungan antara manusia dan alam itu pun coba diangkat dalam kompetisi desain mahasiswa/i arsitektur dan desain interior Asia Young Designer Awards (AYDA) ke-15.

Dengan tema Converge: Pushing the Reset Button, nantinya bakal disuguhkan bagaimana rancangan arsitektur dan desain interior dapat mewujudkan hubungan kolaboratif antara manusia dengan alam agar bisa terus hidup berdampingan.

General Manager Nippon Paint Indonesia, Mark Liew menyebutkan jika AYDA telah dihelat di 17 negara di Asia dengan diikuti lebih dari 1.200 institusi pendidikan, dan berhasil memperoleh lebih dari 41.000 karya dan terus bertambah setiap tahunnya.

Pada ajang ini, AYDA juga menggandeng Harvard University Graduate School of Design, di mana pemenang utama kompetisi AYDA Internasional akan mendapatkan kesempatan beasiswa untuk Design Discovery Program selama 3 minggu di Boston, Amerika Serikat.

"Kami menyambut gembira, setelah 2 tahun hanya bisa bertatap muka secara virtual, tahun 2022 ini akhirnya Nippon Paint dapat melaksanakan AYDA 2022/23 Campus Roadshow secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah," tutur Mark dalam keterangannya, Selasa (31/5/2022).

Medan menjadi kota pertama di Indonesia untuk pelaksanaan AYDA 2022/2023 Campus Roadshow secara tatap muka. Kegiatan ini pun disambut antusias dengan partisipasi sekitar 270 mahasiswa/i dari 5 Universitas di kota Medan. AYDA 2022/2023 Campus Roadshow akan dilanjutkan ke universitas lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2362 seconds (0.1#10.140)