6 Olahraga Penurun Kolesterol, Nomor 4 Gampang Banget

Kamis, 02 Juni 2022 - 10:27 WIB
loading...
6 Olahraga Penurun Kolesterol, Nomor 4 Gampang Banget
Kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu risiko penyakit kardiovaskular maupun serangan jantung. Maka, Anda disarankan untuk sering berolahraga. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu risiko penyakit kardiovaskular maupun serangan jantung. Maka, untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda disarankan untuk sering berolahraga.

Melansir laman hellosehat.com, disebutkan bahwa olahraga akan merangsang enzim yang membantu mengeluarkan kolesterol jahat (LDL) dari darah ke hati. Kemudian, kolesterol diubah menjadi empedu untuk proses pencernaan atau dikeluarkan dari tubuh.

Lantas, olahraga apa saja yang bisa menurunkan kadar kolesterol? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: 4 Olahraga Ringan Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat, Nomor 3 Sangat Menyenangkan

1. Bersepeda


Sebuah studi dari Journal of the American Heart Association menunjukkan bahwa orang yang sering bersepeda cenderung tidak pernah mengalami peningkatan kolesterol daripada orang yang tidak bersepeda. Selain itu, bersepeda juga bisa membakar kalori yang ada dalam tubuh kamu.

2. Berlari

Jika dilakukan secara teratur, berlari bisa juga menurunkan kadar kolesterol. Selain menurunkan kolesterol, berlari bisa pula menurunkan berat badan sehingga risiko terkena serangan jantung pun berkurang.

3. Latihan Ketahanan


Latihan ketahanan dikenal juga sebagai latihan beban. Untuk melakukan latihan beban, Anda bisa memulainya seperti dengan push up, angkat besi, dan sit up.

Berdasarkan jurnal Sports Medicine, seseorang dengan kondisi pramenopause yang sudah menjalani sesi latihan ketahanan mengalami penurunan kolesterol dalam tubuhnya kurang dari 14 minggu.

Baca Juga: 4 Olahraga Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi, Nomor 2 Bisa Dilakukan Setiap Hari

4. Jogging atau Jalan Cepat
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2560 seconds (10.55#12.26)