5 Camilan dengan Kolesterol Tinggi, Jangan Kebanyakan Dikonsumsi!

Selasa, 07 Juni 2022 - 16:51 WIB
loading...
5 Camilan dengan Kolesterol Tinggi, Jangan Kebanyakan Dikonsumsi!
Kolesterol tinggi menjadi alarm bagi penderitanya agar menjaga asupan makanan ataupun minuman, termasuk camilan. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi menjadi alarm bagi penderitanya agar menjaga asupan makanan ataupun minuman, termasuk camilan .

Mengonsumsi camilan atau makanan ringan bisa jadi merupakan kesukaan orang, terlebih di tengah aktivitas yang padat. Namun, tak semua camilan menyehatkan. Ada beberapa jenis camilan yang ternyata mengandung kolesterol tinggi.

Camilan tinggi kolesterol tentu harus dihindari jika Anda ingin menjaga kesehatan. Berikut lima camilan yang mengandung kolesterol tinggi, dan sepatutnya Anda takar asupannya.



1. Kentang Goreng atau Kerupuk

Kentang memang bermanfaat bagi tubuh karena mengandung vitamin K, selenium, fosfor, zat besi, magnesium, dan kalsium. Namun, kentang yang digoreng tentu bisa memicu kolesterol dalam tubuh meningkat, terlebih jika dikonsumsi berlebihan.

2. Ayam Goreng

Ayam yang dikonsumsi dengan kulitnya dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebab, kandungan lemak pada kulit ayam sangat tinggi. Bahkan ahli kesehatan mengatakan, satu porsi paha ayam berkulit memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih tinggi daripada hamburger.

"Ingat bahwa menghilangkan kulit akan membantu mengurangi kandungan lemak secara keseluruhan," kata Kristi King, seorang instruktur klinis di Baylor College of Medicine dan Ahli Diet Senior di Rumah Sakit Anak Texas, AS, seperti dilansir dari laman Everydayhealth.

3. Hamburger

Hamburger termasuk salah satu camilan yang umum dikonsumsi masyarakat lantaran harganya terjangkau dan mudah didapat.

Melansir Everydayhealth, hamburger berukuran besar yang beredar di pasaran ada yang memiliki kandungan 10 gr lemak jenuh, bahkan ada yang mencapai 20 gr lemak jenuh yang mana ini sudah melebihi jumlah maksimum yang disarankan per hari.

Mengonsumsinya secara berlebihan tentu sangat tidak disarankan sebab bisa memicu kolesterol tinggi.



4. Telur Goreng

Bagi Anda pecinta telur, perlu diketahui kalau kuning telur juga merupakan makanan yang berkolesterol tinggi. Pasalnya, pada 1 butir kuning telur terdapat 213 mg kolesterol. Sebaliknya, putih telur mengandung 0 kolesterol. Maka itu, sebaiknya batasi konsumsi telur agar tidak memicu kenaikan kolesterol.

5. Keju

Keju sering kali dijadikan bahan tambahan pada makanan ataupun minuman. Ya, keju memang lezat, mengenyangkan, dan kaya nutrisi. Namun, perlu diketahui, dalam satu ons atau satu irisan keju cheddar terkandung 28 mg kolesterol yang merupakan jumlah yang relatif tinggi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)