Gejala Sangat Khas Cacar Monyet Ada di Area Tubuh Ini

Selasa, 07 Juni 2022 - 22:07 WIB
loading...
A A A
"Sedangkan, pada monkeypox itu lesi atau benjolannya ada cairan ataupun nanah," terang dr Dwi Lingga di momen yang sama.

Lalu Rubella. Penyakit itu, kata dr Dwi Lingga, punya gejala pembengkakan kelenjar juga, sama seperti monkeypox, tapi kalau bicara lesi, bentuknya berbeda.

"Pada Rubella, lesinya tidak berair dan bernanah seperti monkeypox," tambahnya.

Nah, bagaimana dengan flu singapura? Penyakit ini lesinya bisa ada di telapak tangan, tapi tegas dr Dwi Lingga, bentuk lesinya pun berbeda.

"Walau lesi pada flu singapura bisa ada cairannya, tapi tidak menjadi keropeng seperti yang terjadi pada penyakit cacar monyet," terang dr Dwi Lingga.

Karena gejalanya hampir sama antara satu penyakit dengan penyakit lain, Pengurus Besar IDAI dr Ade D. Pasaribu, Sp.A mengimbau masyarakat, khususnya para orangtua, agar jika sudah mengenali ada yang tidak biasa dengan anaknya, segera datang ke fasilitas kesehatan.

"Biarkan dokter yang mendiagnosa. Tugas orangtua segera membawa anaknya ke fasilitas kesehatan jika ditemukan sesuatu yang tak biasa di tubuh si anak. Terlebih jika Anda sekeluarga baru saja melakukan perjalanan ke negara endemik atau memiliki kasus cacar monyet," saran dr Ade.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2455 seconds (0.1#10.140)