5 Menu Sarapan Rendah Kolesterol, Mudah Dibuat di Rumah

Rabu, 08 Juni 2022 - 07:13 WIB
loading...
5 Menu Sarapan Rendah Kolesterol, Mudah Dibuat di Rumah
Menu sarapan rendah kolesterol sangat beragam dan mudah dibuat di rumah. Makanan yang Anda pilih untuk sarapan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Menu sarapan rendah kolesterol sangat beragam dan mudah dibuat di rumah. Makanan yang Anda pilih untuk sarapan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik .

Melewatkan sarapan dapat membuat Anda merasa lebih lapar di kemudian hari, tetapi juga dapat mempengaruhi kadar kolesterol . Sebuah studi pada orang dewasa ditemukan bahwa melewatkan sarapan dapat dikaitkan dengan peningkatan kolesterol jahat.

Kolesterol jahat dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah kesehatan yang serius, seperti serangan jantung dan stroke. Sementara tinjauan penelitian 2019 yang melihat hasil dari melewatkan sarapan pada anak-anak dan remaja menemukan fakta mengejutkan.

Di mana bahwa kebiasaan ini terkait dengan faktor risiko kardiometabolik, termasuk kolesterol jahat yang lebih tinggi. Namun, penelitian tambahan masih diperlukan untuk mendukung kesimpulan ini. Berikut daftar menu sarapan rendah kolesterol yang mudah dibuat di rumah dilansir dari Healthline, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga: 6 Lalapan Penurun Kolesterol Tinggi, Ampuh dan Murah

1. Oatmeal

5 Menu Sarapan Rendah Kolesterol, Mudah Dibuat di Rumah


Oatmeal mengandung serat larut, yang menempel pada kolesterol jahat di saluran pencernaan dan membantu mengeluarkannya dari tubuh. Pilih variasi tanpa pemanis di mana Anda dapat menambahkan topping sendiri. Topping oatmeal harus dengan irisan apel, pir, beberapa raspberry atau stroberi dapat menambah serat.

Sereal gandum dingin juga berfungsi. Hindari saja produk yang sarat dengan gula. Menambahkan irisan pisang atau buah beri juga akan meningkatkan kandungan serat sereal.

2. Susu Almond

5 Menu Sarapan Rendah Kolesterol, Mudah Dibuat di Rumah


Almond kaya akan lemak sehat, serat, magnesium, dan vitamin. Menurut Harvard Health Publishing, makan 2 ons kacang ini setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat sekitar 5 persen. Hingga 50 persen berat almond berasal dari asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA). Asam lemak ini berhubungan dengan penurunan kolesterol jahat.

Tuangkan segelas susu almond, tambahkan beberapa irisan almond ke oatmeal, atau makan segenggam penuh. Porsi yang disarankan adalah sekitar 1 ons atau segenggam kecil. Jumlah porsi yang disarankan dapat bervariasi per orang. Satu cangkir almond mengandung 45 gram dari lemak.

Baca Juga: 7 Camilan Rendah Kolesterol, Menyehatkan dan Bisa Dibuat di Rumah

3. Roti Alpukat

5 Menu Sarapan Rendah Kolesterol, Mudah Dibuat di Rumah


Sebuah studi dalam Journal of American Heart Association menemukan bahwa mengonsumsi alpukat per hari menurunkan kadar kolesterol jahat pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Namun, perlu dicatat bahwa penelitian ini didanai dengan hibah dari Hass Avocado Board. Studi lain terkait makan alpukat dengan kadar kolesterol baik yang lebih tinggi.

Alpukat tinggi asam lemak tak jenuh tunggal, yang menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Anda dapat menggunakannya sebagai pengganti makanan sarapan yang tinggi lemak jenuh, seperti sosis atau bacon, yang telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Alpukat juga merupakan sumber yang kaya sterol, yang merupakan zat nabati yang membantu menurunkan kolesterol. Buah ini juga tinggi serat larut dan tidak larut.

4. Orak Arik Putih Telur dengan Bayam

5 Menu Sarapan Rendah Kolesterol, Mudah Dibuat di Rumah


Putih telur bebas kolesterol dan dikemas dengan protein. Ada penelitian campuran tentang bagaimana kolesterol makanan mempengaruhi kolesterol darah, dan sebagai akibatnya. Departemen Pertanian AS (USDA) menetapkan batas tiga telur utuh per minggu.

Rekomendasi ini disesuaikan dengan 300 miligram kolesterol makanan per hari. Orak-arik beberapa putih telur dan masukkan segenggam bayam untuk serat. Masak telur dengan minyak zaitun atau canola. Minyak ini dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik Anda bila digunakan sebagai pengganti lemak hewani, seperti mentega.

Baca Juga: Daging Kerbau Ternyata Rendah Kolesterol, Lebih Sehat dari Sapi

5. Jus Jeruk

5 Menu Sarapan Rendah Kolesterol, Mudah Dibuat di Rumah


Jus jeruk terkenal sebagai sumber vitamin C yang sangat baik. Beberapa merek menambahkan nutrisi tambahan dengan memperkuat jus mereka dengan sterol dan stanol. Menambahkan 1,5 hingga 3 gram sterol ke dalam diet harian dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar 7,5 hingga 12 persen.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1927 seconds (11.97#12.26)