Gawat! Dokter Sebut Cacar Monyet Bisa Sebabkan Kebutaan

Rabu, 08 Juni 2022 - 15:15 WIB
loading...
Gawat! Dokter Sebut Cacar Monyet Bisa Sebabkan Kebutaan
Cacar monyet tak hanya menular tapi bisa menyebabkan kebutaan. Ahli Infeksi dan Penyakit Tropis Anak mengatakan komplikasi akibat cacar monyet adalah kebutaan. Foto/Everyday Health
A A A
JAKARTA - Cacar monyet tak hanya menular tapi juga bisa menyebabkan kebutaan . Ahli Infeksi dan Penyakit Tropis Anak dr Irma Rezky Ratu, Sp.A(K) mengatakan bahwa komplikasi serius akibat cacar monyet adalah kebutaan.

"Lesi cacar monyet itu bisa muncul di area mata. Kalau itu terjadi, bisa sebabkan radang kornea hingga akhirnya kebutaan," kata dr Irma di Live Instagram @idai_ig pada Selasa, 7 Juni 2022.

Komplikasi cacar monyet, dijelaskan dr Irma bahwa ada beberapa penyakit yang bisa muncul akibat cacar monyet. Adalah terbentuknya bopeng di kulit yang dikategorikan sebagai cacat permanen pada kulit.


"Selain itu, cacar monyet juga bisa menyebabkan infeksi bakteri sekunder, mukosa kulit terganggu. Bahkan, pada kasus tertentu cacar monyet juga menyebabkan radang paru," jelas dr Irma.

Dengan adanya komplikasi tersebut, dia mengimbau kepada masyarakat, khususnya orang tua, agar membawa segera anaknya ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut jika menemukan ada perbedaan di kulit buah hati.

Penanganan medis yang diterima anak pada stadium awal bisa menurunkan risiko keparahan akibat cacar monyet. "Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap patuhi protokol kesehatan terutama menjalankan pola hidup bersih dan sehat," saran dr Irma.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1954 seconds (0.1#10.140)