5 Cara Membuat Pizza Tanpa Oven dan Ragi

Rabu, 24 Juni 2020 - 07:05 WIB
loading...
5 Cara Membuat Pizza Tanpa Oven dan Ragi
Pizza termasuk salah satu hidangan yang disukai oleh orang-orang dari segala usia. Foto/Times of India
A A A
Pizza adalah salah satu hidangan yang disukai oleh orang-orang dari segala usia. Umumnya makanan khas Italia ini dibuat menggunakan oven dan ragi. Tapi, ternyata pizza bisa lho dibuat di rumah tanpa dua hal tersebut.

Penasaran seperti apa cara membuat dan rasanya? Berikut lima cara meracik pizza tanpa oven dan ragi, seperti dikutip dari laman Times of India.

1. Pan Pizza dengan Baking Soda dan Jus Lemon
Untuk membuat pizza, yang Anda butuhkan hanyalah wajan antilengket dan beberapa bahan. Mulailah dengan membuat adonan. ( )

Dalam mangkuk besar, campur 2 cangkir tepung serbaguna, 3/4 gelas air hangat, 1 sdt garam, 1/2 sdt soda kue, dan 1/2 sdt jus lemon. Uleni adonan lembut, tutup dengan mangkuk terbalik dan biarkan mengembang selama 20-25 menit. Pukul adonan agar melar.

Cetakan dalam bentuk pizza, masukkan 2 sdm minyak dalam wajan antilengket, masukkan adonan pizza ke dalamnya dan setelah 3-4 menit, balik adonan. Kecilkan api dan tutup dengan saus marinara. Anda dapat memilih topping vegetarian atau non-vegetarian dan keju mozzarella. Tutup dan masak selama 4-5 menit sampai topping matang dan keju meleleh.

2. Pizza Kadhai Gandum Utuh dengan Eno
Tambahkan 2 cangkir tepung terigu, 1/2 sdt eno bubuk, 1/2 sdt gula, 1/2 sdt garam, 3 sdm dadih, 2-3 sdm minyak, dan 1 cangkir air hangat dalam mangkuk lalu uleni adonan yang lentur dan halus. Diamkan selama 10 hingga 15 menit. Oleskan minyak pada jari-jari Anda, ambil bola dari adonan dan sebarkan dalam lingkaran tebal menggunakan jari-jari Anda.

Sekarang, taruh 2,5 gelas garam putih sederhana di sebuah kadhai, biarkan dipanaskan di atas api kecil dan letakkan cincin logam di tengahnya. Buat lubang di adonan pizza menggunakan garpu dan letakkan di atas piring. Letakkan piring di cincin logam dan tutup kadhai dengan penutup. Panggang sampai keemasan di kedua sisi. Keluarkan, tambahkan saus, sayuran, dan topping keju pada pizza. Letakkan kembali selama 5 menit dengan api kecil.

3. Pizza Sooji dengan Baking Powder
Dalam mangkuk, tambahkan 1 cangkir semolina atau sooji, 1/3 cangkir dadih, lalu aduk sampai adonan halus siap. Sekarang tambahkan 1/2 sdt baking powder dan kocok dengan benar. Biarkan sampai berbusa selama 10-12 menit.

Panaskan sedikit minyak dalam wajan yang bersih dan tidak lengket. Tuang adonan ketika wajan sudah panas dan oleskan dalam lingkaran setebal satu inci. Masak sampai menjadi renyah dan keemasan.

Balik ke sisi lain, biarkan tetap berada di panci selama 2 menit dan matikan apinya. Untuk resep ini, lebih baik menggoreng semua sayuran yang Anda inginkan sebagai topping. Tambahkan saus dan topping di atas dasar sooji dan letakkan sayuran secara merata. Jika Anda ingin keju, panaskan wajan Anda, masukkan keju dan matikan apinya. Tutup dengan sampai keju meleleh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)