6 Ikan Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh dan Cara Mengolahnya

Selasa, 14 Juni 2022 - 05:00 WIB
loading...
6 Ikan Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh dan Cara Mengolahnya
Ikan penurun kolesterol tinggi yang terbaik ikan berlemak karena memiliki asam lemak omega-3 yang tinggi. Kandungan tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ikan penurun kolesterol tinggi yang terbaik adalah ikan berlemak karena memiliki kadar asam lemak omega-3 yang tinggi. Kandungan tersebut dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol yang melonjak dan tekanan darah tinggi.

Para peneliti telah menemukan bahwa konsumsi ikan berlemak juga dapat memperlambat akumulasi plak di arteri. Fakta lainnya adalah ikan jenis ini dapat mengurangi risiko kematian mendadak pada orang yang telah mengalami serangan jantung.

Untuk mendapatkan manfaatnya, idealnya ikan dipanggang, atau dikukus. Hindari menggunakan mentega dan sebagai gantinya gunakan minyak zaitun serta perasa seperti jeruk, bawang putih dan kecap. Cara ini bisa membantu untuk menghindari penambahan lemak jahat yang berkontribusi pada kolesterol tinggi.

Kolesterol adalah zat lilin yang dibutuhkan tubuh untuk membuat hormon dan vitamin serta membangun sel-sel yang sehat. Namun, memiliki terlalu banyak jenis kolesterol yang salah merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular. Berikut daftar ikan penurun kolesterol tinggi dilansir dari Medicinet, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga: 3 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh dan Enak

1. Salmon

6 Ikan Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh dan Cara Mengolahnya

Foto/Getty Images

Ikan salmon bisa memperbaiki kadar kolesterol. Faktanya, ikan menyediakan protein tinggi, alternatif sehat untuk daging merah, yang tinggi lemak jenuh. Salmon adalah alternatif yang bagus untuk daging merah karena merupakan makanan padat nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

2. Tuna

6 Ikan Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh dan Cara Mengolahnya

Foto/Getty Images

Ikan tuna tidak menurunkan kolesterol jahat secara langsung. Hanya saja, ikan ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan trigliserida yang meningkatkan rasio dan pada akhirnya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1542 seconds (11.252#12.26)