Kandungan Kolesterol pada Telur Puyuh dan Telur Ayam, Mana yang Lebih Tinggi?

Senin, 13 Juni 2022 - 15:34 WIB
loading...
Kandungan Kolesterol pada Telur Puyuh dan Telur Ayam, Mana yang Lebih Tinggi?
Telur puyuh selama ini diyakini memiliki kandungan kolesterol lebih tinggi dibandingkan telur aya. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Telur ayam dan telur puyuh mempunyai kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Kolesterol tinggi terletak pada bagian kuning telurnya. Bagi orang dengan kondisi kesehatan yang baik, konsumsi kedua jenis telur tersebut mungkin tidak menjadi masalah.Apalagi telur mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.Namun bagi yang memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya berhati-hati dan jangan keseringan mengonsumsinya.

Nah banyak orang yang masih bertanya-tanya, kandungan kolesterol telur puyuh dan telur ayam mana yang lebih tinggi? Beberapa orang percaya, kandungan kolesterol telur puyuh lebih tinggi daripada telur ayam. Di sisi lain, ada juga yang percaya sebaliknya.
Lantas, mana yang benar? Yuk, cari tahu fakta tentang perbandingan kolesterol telur puyuh dan telur ayam!

Perbandingan Kolesterol Telur Puyuh dan Telur Ayam

Walaupun ukurannya lebih kecil, ternyata kolesterol telur puyuh lebih besar dibandingkan telur ayam.
Dalam 100 gram telur puyuh terdapat sebanyak 844 miligram kolesterol. Sementara itu, dalam 100 gram telur ayam hanya terdapat 372 miligram kolesterol.

Mengapa kandungan kolesterol telur puyuh lebih tinggi, khususnya di bagian kuningnya?Nah, ternyata, rasio bagian kuning pada telur puyuh memang lebih besar daripada putihnya. Hal inilah yang membuat kadar kolesterol pada telur puyuh lebih besar dibandingkan telur ayam.

Kendati demikian, jika dibandingkan per butir, jumlah kolesterol pada telur puyuh jauh lebih kecil, yaitu hanya 75,96 miligram. Sementara itu, 1 butir telur ayam mengandung kolesterol sebanyak 210 miligram.Dengan kata lain, mengonsumsi 1 butir telur puyuh masih jauh lebih aman. Masalahnya, banyak orang mengonsumsi telur puyuh dalam jumlah banyak mengingat ukurannya yang kecil.

Baca Juga: Perbedaan Jenis Telur Ayam yang Perlu Diketahui dan Manfaatnya

Tetap Batasi Konsumsinya

Meski nutrisi telur sangat bermanfaat bagi kesehatan, Anda sebaiknya tetap membatasi porsi saat mengonsumsinya. Ini karena kandungan kolesterol dalam telur ayam saja sudah mencapai 62% dari anjuran asupan harian.American Heart Association (AHA) merekomendasikan 1 telur per hari sebagai bagian dari diet sehat. Ini biasanya mengacu pada telur besar, yang kira-kira berukuran 50 gram.

Dengan kata lain, bila dalam satu hari Anda sudah mengonsumsi telur, jangan lupa untuk membatasi konsumsi makanan lain yang juga tinggi kolesterol.Bagaimana dengan telur puyuh? Seperti telah diungkap, 1 butir telur puyuh mengandung 75,96 miligram kolesterol.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2022 seconds (0.1#10.140)