10 Cara Mengobati Ambeien Tanpa Obat Kimia, Nomor 8 Paling Sederhana

Senin, 20 Juni 2022 - 13:27 WIB
loading...
10 Cara Mengobati Ambeien Tanpa Obat Kimia, Nomor 8 Paling Sederhana
Cara mengobati ambeien ternyata bisa dilakukan tanpa obat kimia atau menggunakan bahan alami. Bahkan beberapa diantaranya terbukti ampuh. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Cara mengobati ambeien ternyata bisa dilakukan tanpa obat kimia atau cukup menggunakan bahan alami. Bahkan beberapa diantaranya terbukti ampuh, mulai dari berendam air garam epsom hingga makanan fermentasi.

Ambeien yang kerap disebut wasir adalah kondisi pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum bagian bawah. Wasir dapat timbul di dalam rektum (wasir dalam) maupun di bawah kulit sekitar anus (wasir luar).

Menurut laporan Mayo Clinic, Senin (20/6/2022), hampir tiga dari empat orang dewasa menderita wasir dari waktu ke waktu. Bicara soal gejala, wasir luar dan wasir dalam punya tanda yang berbeda.

Kalau wasir luar, gejalanya itu biasanya gatal atau iritasi di daerah anus, rasa sakit atau tidak nyaman di anus, bengkak di sekitar anus, dan keluar darah. Sementara wasir dalam gejalanya antara lain pendarahan tanpa rasa sakit saat buang air besar dan pada beberapa kasus wasirnya keluar dari lubang anus yang membuat rasa tidak nyaman.



Bicara soal penanganan, wasir bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup dan melakukan beberapa 'trik' alami. Dijelaskan di laman Doctors Health Press, beberapa cara alami mengobati wasir ini bisa Anda lakukan. Apa saja?

1. Berendam Air Garam Epsom

Berendam air garam menjadi salah satu cara yang dianggap sukses mengatasi wasir. Disarankan berendam selama 10 menit dua kali sehari. Cara ini dipercaya bisa menghilangkan wasir dengan cepat dan juga membantu meredakan gejala tidak nyaman akibat wasir.

2. Minum Minyak Kelapa

Cara ini disarankan lebih untuk mencegah terbentuknya wasir. Minyak kelapa dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat memperlancar masalah pencernaan. Direkomendasikan minum minyak kelapa murni satu sendok pada pagi dan malam hari secara teratur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)