Rasakan Nyeri Sendi? Ini yang Harus Dilakukan Pertama Kali

Senin, 20 Juni 2022 - 19:10 WIB
loading...
Rasakan Nyeri Sendi? Ini yang Harus Dilakukan Pertama Kali
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Faktor bertambahnya usia, pekerjaan yang padat, dan gaya hidup tidak sehat, bisa menyebabkan nyeri sendi. Munculnya rasa nyeri yang intens merupakan salah satu gejala nyeri sendi.

Spesialis Rehabilitasi Arfa Pain and Spine Center dari RS Meilia Jakarta dr. Sri Wahyuni, SpKFR menyarankan hal pertama kali yang harus dilakukan saat nyeri sendi muncul adalah:

1. Istirahat

Berhenti sejenak saat nyeri muncul atau jika memungkinkan rebahkan badan Anda dan beristirahatlah. Hindari aktivitas yang menggunakan lutut sebagai tumpuan utama seperti mengangkat beban berlebih, minimal 2 x 24 jam.

2. Kompres air panas atau dingin pada daerah nyeri

Sembari beristirahat lakukan kompres dingin pada daerah yang mengalami nyeri minimal selama 15 sampai 20 menit, dua kali dalam sehari. Setelah 3 hari pascanyeri muncul dan sudah melakukan kompres dingin, pada hari keempat ganti kompres panas, pada lokasi nyeri selama 10-15 menit.

3. Kompresi

Pemakaian elastic bandage, sebagai kompresi terutama pada lutut juga dapat digunakan untuk mengurangi nyeri.

"Pilih ukuran bandage yang sesuai, tidak boleh terlalu kencang atau longgar. Gunakan bandage saat beraktifitas dan lepaskan bandage pada saat tidur atau mandi," kata Sri beberapa waktu lalu.

4. Medikamentosa
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)