5 Tanda Awal Kolesterol Tinggi, Nomor 4 Terasa saat Tidur

Jum'at, 24 Juni 2022 - 19:45 WIB
loading...
5 Tanda Awal Kolesterol Tinggi, Nomor 4 Terasa saat Tidur
Tanda awal kolesterol tinggi mungkin kerap disepelekan oleh penderitanya. Sebab, gejalanya hampir mirip seperti gangguan kesehatan biasa. Foto/Ilustrasi/Express
A A A
JAKARTA - Tanda awal kolesterol tinggi mungkin kerap disepelekan oleh penderitanya. Sebab, gejalanya hampir mirip seperti gangguan kesehatan biasa.

Seperti diketahui, memiliki kolesterol tinggi dalam tubuh, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Sehingga perlu adanya pencegahan dan memahami tanda-tanda awal dari kolesterol.

Tanda umumnya yang sering dirasakan ialah merasakan pegal atau nyeri pada bagian leher. Namun masih ada tanda lain, yang bisa jadi tanda kolesterol tinggi dalam tubuh. Berikut penjelasannya, telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Nyeri Leher
Salah satu studi membuktikan bahwa adanya korelasi nyeri leher dengan kadar kolesterol dalam tubuh. Dalam penelitian tersebut, menunjukkan bahwa tingkat perempuan mengalami nyeri leher lebih banyak, dibandingkan pria.



"Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam prevalensi nyeri leher antara pria (20,5%) dan wanita (21,5%). Namun, prevalensi kekakuan leher dan bahu secara signifikan lebih tinggi pada wanita (60,3%) dibandingkan pada pria (38,0%; P <0,05)," jeals penelitian itu, dilansir National Library Medicine, Jumat (24/6/2022)

2. Tanda di Kaki
Tanda lain bila kolesterol tinggi bisa terlihat di kaki, terjadinya penyumbatan arteri di ekstremitas dikenal sebagai penyakit arteri perifer atau PAD dan beberapa arteri.

3. Perubahan Warna Kulit di Kaki
Penurunan darah akibat kolesterol tinggi, bis mengubah warna kulit kaki. Misalnya, dapat membuat kulit terlihat pucat, tetapi menggantungnya dari meja dapat menyebabkan kulit tampak ungu atau kebiruan.

4. Kram di Malam Hari
Pada saat malam hari, bagi penderita kolesterol tinggi akan mengalami kram pada bagian kaki. Kondisi ini memburuk pada malam hari saat tidur.

Orang dengan PAD mungkin mengalami kram atau kejang saat tidur, paling sering di tumit, kaki depan, atau jari kaki.

5. Bisul Lama Sembuh
Bagi penderita kolesterol tinggi, jika memiliki bisul atau luka di bagian kaki lama sembuhnya. Bisul yang tidak sembuh atau sembuh dengan sangat lambat, dapat menandakan kolesterol tinggi memotong aliran darah ke kaki.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2340 seconds (0.1#10.140)