Cuka Apel Dipercaya Ampuh Turunkan Kolesterol, Ini Cara Terbaik untuk Mengonsumsinya

Senin, 27 Juni 2022 - 18:20 WIB
loading...
Cuka Apel Dipercaya Ampuh Turunkan Kolesterol, Ini Cara Terbaik untuk Mengonsumsinya
Beberapa bahan rumahan yang ada di dapur Anda ada yang punya peran penting untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, salah satunya cuka apel. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kolesterol bisa dikendalikan tak hanya dengan obat. Beberapa bahan rumahan yang ada di dapur Anda ada yang punya peran penting untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, salah satunya cuka apel.

Ya, cuka apel diyakini punya fungsi yang baik meluruhkan kolesterol jahat di dalam darah. Tentu, cara mengonsumsinya jangan langsung diminum begitu saja, karena rasanya yang sangat asam bisa melukai lambung Anda.

Cuka apel sendiri diterangkan laman Healthy Cholesterol Club dapat membantu mengendalikan renin atau hormon yang diproduksi ginjal Anda. Hormon tersebut bertanggung jawab menyempitkan dan melebarkan pembuluh darah.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol dengan Daun Kelor

"Jadi, ketika pembuluh darah menyempit, tekanan darah meningkat. Nah, cuka apel membuat pembuluh darah tetap rileks dan itu berarti tekanan darah tidak akan naik," terang laman kesehatan tersebut, dikutip Senin (27/6/2022).

Nah, saran mengonsumsi cuka apel dengan tujuan menurunkan kolesterol adalah dikonsumsi sebelum makan. Ini dipercaya bisa memaksimalkan kinerja cuka apel yang sudah ada di tubuh sebelum makanan dimasukkan.

"Pada dasarnya, penelitian telah menunjukkan bahwa cuka apel mengurangi LDL dan meningkatkan HDL karena antioksidan alaminya," tambah laporan itu.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol dengan Daun Salam, Ini Langkah-Langkah Meraciknya

Lantas, bagaimana mengolah cuka apel agar enak dikonsumsi tapi juga tetap punya manfaat yang baik untuk menurunkan kolesterol?

Diterangkan di laman yang sama bahwa ada beberapa cara mengolah cuka apel ke dalam menu harian Anda. Tapi, salah satu yang termudah adalah menambahkan cuka apel dan minyak zaitun ke sayuran Anda.

"Cuka apel juga bisa dipakai untuk mengasinkan sayuran. Cara paling gampang, ya, melarutkannya di air hangat," tambah laporan tersebut.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2336 seconds (11.252#12.26)