3 Jenis Ikan Ini Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2, Jangan Keseringan Dikonsumsi

Rabu, 29 Juni 2022 - 08:33 WIB
loading...
3 Jenis Ikan Ini Bisa...
Studi menemukan tiga jenis ikan bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Dalam studi pada 2009, kerang terbukti meningkatkan risiko diabetes tipe 2 pada pria. Foto/Express
A A A
JAKARTA - Sebuah studi menemukan tiga jenis ikan bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 . Dalam sebuah studi pada 2009 yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care, kerang terbukti meningkatkan risiko diabetes tipe 2 pada pria.

Dilansir dari Express, Rabu (29/6/2022) risiko ini tidak ditemukan pada ikan putih dan berminyak, yang dapat memberikan perlindungan terhadap diabetes tipe 2.

Tim peneliti mencatat sekitar 25 persen lebih sedikit risiko diabetes tipe 2 di antara pria dan wanita yang dilaporkan makan satu atau lebih kerang, dibandingkan dengan lebih sedikit mereka yang makan ikan putih atau berminyak setiap minggu.

Namun, penelitian tersebut menemukan bahwa pria dan wanita yang makan kerang dalam jumlah yang sama, terutama udang, kepiting, dan remis memiliki sekitar 36 persen peningkatan risiko terkena diabetes tipe 2.

Baca Juga: 5 Camilan yang Aman untuk Penderita Diabetes, Studi Membuktikannya!

Namun, bukan kerang itu sendiri yang meningkatkan risiko diabetes. Sebaliknya, metode memasak dan persiapan yang digunakan, misalnya, minyak yang digunakan saat menggoreng atau saus berbasis mentega dan mayones yang disajikan dengan kerang, dapat meningkatkan asupan kolesterol yang, pada gilirannya, dapat meningkatkan risiko diabetes.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Sering Melewatkan Sarapan, Risiko Diabetes Bisa Meningkat
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Budi Gunadi Sadikin...
Budi Gunadi Sadikin Ungkap Bahaya Boba: 1 Porsi Setara 150 Kalori dan 10 Gram Gula
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes...
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes pada Anak Muda, Nomor 4 Sering Tak Disadari
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
Pemkot Bontang Buka...
Pemkot Bontang Buka Karpet Merah Industri Pengalengan Ikan
Rekomendasi
Aktivis Muda Nasional:...
Aktivis Muda Nasional: Persatuan Bangsa Penting di Tengah Tantangan Global
Ahmad Sahroni Bentuk...
Ahmad Sahroni Bentuk ASC Padel, Rekrut Pelatih Spanyol untuk Cetak Atlet
Ditahan KPK, Asrul Azis...
Ditahan KPK, Asrul Azis Tersangka Baru Kasus Kuota Haji Ajukan Praperadilan ke PN Jaksel
Berita Terkini
JSD Blok M Festival...
JSD Blok M Festival 2026 Bakal Ramaikan Jakarta dengan Fashion, Musik, dan Komunitas Kreatif
Berawal dari Mesin Arcade,...
Berawal dari Mesin Arcade, Talenta Muda Indonesia Juara Turnamen Dance Game Asia Pasifik
Tren Perawatan Kulit...
Tren Perawatan Kulit Regeneratif Makin Diminati, Teknologi DNA Ikan Trout Jadi Sorotan
Tren Wewangian Gen Z:...
Tren Wewangian Gen Z: Ekspresi Diri Melalui Pilihan Aroma Harian
Menjelang 75 Tahun,...
Menjelang 75 Tahun, Kak Seto Beberkan 7 Kunci Hidup Sehat dan Bahagia untuk Lansia
Berangkat dari Kisah...
Berangkat dari Kisah Viral, Cerita Lila Menjelma Jadi Horor Layar Lebar
Infografis
6 Jenis Ikan yang Tidak...
6 Jenis Ikan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved