Ini Kiat-Kiat Komunikasi di Era Disrupsi menurut Prita Kemal Gani

Kamis, 30 Juni 2022 - 17:00 WIB
loading...
Ini Kiat-Kiat Komunikasi di Era Disrupsi menurut Prita Kemal Gani
Terdapat lebih dari 230 peserta hadir dalam acara Build Up PR Skill with Prita Kemal Gani bertajuk Become Excellent Public Relations In Disruption Era belum lama ini. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 melahirkan era disrupsi. Yakni kondisi di mana telah terjadi inovasi dan perubahan besar-besaran yang secara fundamental mengubah semua sistem, tatanan, serta landscape yang ada ke cara-cara baru. Di tengah perubahan besar ini, peran public relations (PR) menjadi sangat penting untuk mendukung komunikasi yang efektif baik di internal maupun eksternal perusahaan.

“Perusahaan excellent memiliki PR yang unggul,” begitulah kalimat pembuka yang disampaikan oleh tokoh di dunia PR Indonesia, Prita Kemal Gani, dalam webinar Build Up PR Skill with Prita Kemal Gani bertajuk Become Excellent Public Relations in Disruption Era yang diselenggarakan PT Federal International Finance (FIFGROUP) belum lama ini.

Wanita yang merupakan Founder sekaligus CEO LSPR Communication and Business Institute itu mengatakan, PR yang unggul mampu meningkatkan dan memperkuat kualitas komunikasi internalnya terlebih dulu, yang kemudian dilanjutkan pada penguatan komunikasi eksternal.

“Sebelum kita menyampaikan ke masyarakat atau pihak luar mengenai informasi perusahaan, sangat penting bagi sebuah fungsi PR untuk memperkuat terlebih dahulu komunikasi internalnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya missed-communication pada penyebaran informasi ke eksternal perusahaan, khususnya kepada pemangku kepentingan,” papar Prita.

Prita menambahkan, untuk mendukung komunikasi yang efektif dan efisien di perusahaan, sangat dibutuhkan kemampuan PR yang baik serta mumpuni dalam menjaga alur komunikasi. Ketua Umum Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) periode 2011-2014 itu juga membeberkan kiat-kiat dalam meningkatkan kemampuan komunikasi.

Terdapat dua skill utama yang perlu dikuasai oleh seorang PR unggulan, yaitu communication dan leadership capabilities.

“Communication dan leadership capabilities ini menjadi sebuah fundamental yang sangat dibutuhkan bagi seorang PR unggulan untuk terus ditingkatkan agar dapat menjalankan fungsi kehumasan. Apabila fungsi ini dapat berjalan dengan efektif, tentu akan berdampak pada pertumbuhan dan kestabilan perusahaan,” tutur Prita.

Sementara itu Human Capital, General Support, and Corporate Communication Director FIFGROUP Esther Sri Harjati mengatakan, komunikasi dalam bentuk apa pun, verbal maupun non-verbal, langsung dan tidak langsung, merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

"Begitu juga untuk lingkup perusahaan yang lebih kompleks kebutuhan komunikasinya,” kata Esther, seraya menambahkan bahwa kehadiran Prita Kemal Gani telah membuka cakrawala pengetahuan terkait komunikasi dan public relations bagi seluruh peserta webinar.

Chief of Corporate Communication and CSR FIFGROUP Yulian Warman melanjutkan, peran kehumasan sangat penting untuk tetap mempertahankan kestabilan sebuah perusahaan. Menurut Yulian, fungsi komunikasi menjadi bagian yang penting untuk dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan agar perseroan dapat tumbuh secara berkelanjutan.

“Di dalam setiap aspek proses bisnis yang dijalankan oleh perusahaan, komunikasi yang baik menjadi hal dasar sebuah perusahaan untuk dapat bertahan bahkan di saat krisis. Karena itu, dengan kehadiran seorang tokoh PR Indonesia, yaitu Prita Kemal Gani, ilmu yang disampaikan dapat secara konsisten diimplementasikan dan mendorong pertumbuhan di FIFGROUP ke depannya,” pungkas Yulian.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)