6 Olahraga Penurun Kolesterol Tinggi untuk Wanita, Mudah dan Praktis

Jum'at, 01 Juli 2022 - 09:45 WIB
loading...
6 Olahraga Penurun Kolesterol Tinggi untuk Wanita, Mudah dan Praktis
Ada beberapa olahraga penurun kolesterol tinggi yang dianjurkan untuk wanita. AHA merekomendasikan 40 menit olahraga aerobik dengan intensitas sedang. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa olahraga penurun kolesterol tinggi yang dianjurkan untuk wanita. American Heart Association (AHA) merekomendasikan 40 menit olahraga aerobik dengan intensitas sedang hingga berat tiga hingga empat kali seminggu untuk membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol .

Olahraga ketahanan dua sampai tiga kali seminggu juga harus menjadi bagian dari rutinitas olahraga penurun kolesterol Anda, kata Cori McCorkle, MS, seorang spesialis penelitian di Indiana University. Olahraga membakar trigliserida atau lemak dalam darah sambil meningkatkan intoleransi glukosa (gula darah).

Terlalu banyak glukosa dalam darah dapat merusak pembuluh darah sehingga menjadi magnet bagi timbunan lemak. Semakin sedikit lemak dan glukosa dalam aliran darah, semakin kecil kemungkinan kolesterol menumpuk di arteri Anda.

Berikut olahraga penurun kolesterol tinggi untuk wanita dilansir dari Everyday Health, Jumat (1/7/2022).


1. Jalan

6 Olahraga Penurun Kolesterol Tinggi untuk Wanita, Mudah dan Praktis

Foto/Getty Images

Jalan cepat adalah olahraga yang bagus untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol. Siapa pun dapat melakukannya di mana saja. Jalan bisa meningkatkan jantung dan paru-paru sehingga membantu menggunakan oksigen dengan lebih efisien. Ketika menggunakan oksigen dengan lebih efisien, darah memompa ke seluruh tubuh dengan lebih mudah dan menjaga arteri bersih dari plak.

2. Lari

6 Olahraga Penurun Kolesterol Tinggi untuk Wanita, Mudah dan Praktis

Foto/Getty Images

Lari membuat detak jantung meningkat untuk waktu yang lama dan menantang otot, yang kemudian memberi sinyal pada tubuh untuk melakukan perbaikan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Arteriosklerosis, Trombosis, dan Biologi Vaskular pada Mei 2013 menemukan bahwa berlari dan jalan cepat menghasilkan penurunan kolesterol yang serupa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)