7 Obat Infeksi Paru-paru Rumahan, Nomor 5 Tak Perlu Resep Dokter

Sabtu, 02 Juli 2022 - 23:00 WIB
loading...
7 Obat Infeksi Paru-paru Rumahan, Nomor 5 Tak Perlu Resep Dokter
Obat infeksi paru-paru rumahan bisa membantu tubuh melawan infeksi dan membuat diri lebih nyaman. Pada dasarnya, obat untuk infeksi paru-paru akan bervariasi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Obat infeksi paru-paru rumahan bisa membantu tubuh melawan infeksi dan membuat diri lebih nyaman. Pada dasarnya, obat untuk infeksi paru-paru akan bervariasi tergantung pada infeksi tertentu serta organisme yang menyebabkan infeksi.

Namun, beberapa terapi dapat digunakan untuk sebagian besar infeksi. Infeksi bakteri biasanya membutuhkan antibiotik untuk membersihkannya. Infeksi jamur paru-paru akan memerlukan pengobatan dengan obat antijamur, seperti ketoconazole atau voriconazole.

Dilansir dari Healthline, Sabtu (2/7/2022) antibiotik tidak akan bekerja pada infeksi virus. Sebagian besar waktu, Anda harus menunggu sampai tubuh melawan infeksi dengan sendirinya.

Untuk orang yang mengalami penyempitan saluran udara dengan infeksi paru-paru, inhaler yang membuka saluran udara, serta kortikosteroid, mungkin direkomendasikan.


Pada orang yang mengalami tingkat oksigen rendah (hipoksia) karena infeksi paru-paru, terapi oksigen diperlukan. Dengan penyakit parah, bantuan pernapasan atau ventilasi mekanis mungkin diperlukan.

Untuk infeksi paru-paru yang lebih parah, Anda mungkin perlu tinggal di rumah sakit selama pemulihan. Selama Anda tinggal, dokter akan memberikan antibiotik, cairan infus, dan terapi pernapasan jika Anda mengalami kesulitan bernapas.

Infeksi paru-paru bisa serius jika tidak diobati. Secara umum, temui dokter jika batuk Anda berlangsung lebih dari tiga minggu, atau Anda mengalami kesulitan bernapas. Berikut daftar obat infeksi paru-paru rumahan lainnya.

1. Minum acetaminophen atau ibuprofen untuk mengurangi demam
2. Minum banyak air
3. Minum teh panas dengan madu atau jahe
4. Kumur air garam
5. Istirahat sebanyak mungkin
6. gunakan pelembab udara untuk menciptakan kelembapan di udara
7. Minum antibiotik yang diresepkan sampai habis

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)