Ini Berbagai Manfaat Vitamin B3 untuk Kesehatan Tubuh

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:13 WIB
loading...
Ini Berbagai Manfaat Vitamin B3 untuk Kesehatan Tubuh
Vitamin B3 memiliki manfaat yang sangat penting, salah satunya menjaga sistem saraf dan kulit agar tetap sehat. / Foto: ilustrasi/netmeds.com
A A A
JAKARTA - Vitamin B3 memiliki manfaat yang sangat penting, salah satunya menjaga sistem saraf dan kulit agar tetap sehat. Vitamin B3 merupakan salah satu dari 8 jenis vitamin B .

Vitamin yang juga sering disebut dengan niacin (niasin) itu memiliki dua bentuk bahan kimia niasin, yakni asam nikotinat dan niacinamide (nicotinamide).

Kekurangan vitamin B3 dapat menyebabkan berbagai gejala, salah satunya kulit kasar dan timbul ruam. Karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B3 agar tidak terkena gangguan tersebut.

Lantas, apa saja fungsi vitamin B3 untuk kesehatan? Berapa kebutuhan vitamin B3 yang harus dipenuhi? Baca ulasannya berikut ini.

Baca juga: Makanan Kaya Vitamin B3 untuk Metabolisme Sehat

Manfaat Vitamin B3 untuk Kesehatan

Ada beberapa kegunaan vitamin B3 bagi tubuh, antara lain:

1. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Niasin dapat membantu meningkatkan kadar lemak darah dengan cara meningkatkan kolesterol HDL (baik), mengurangi kolesterol LDL (jahat), dan mengurangi kadar trigliserida.

Fungsi vitamin B3 tersebut dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Menurut studi dalam Current Atherosclerosis Reports, manfaat niasin untuk jantung memerlukan dosis tinggi, biasanya sekitar 1.500 mg atau lebih, untuk mencapai kadar lemak darah yang baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2318 seconds (0.1#10.140)