Wajib Tahu, Ini 12 Makanan yang Tinggi Akan Kandungan Vitamin B1

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:42 WIB
loading...
Wajib Tahu, Ini 12 Makanan yang Tinggi Akan Kandungan Vitamin B1
Vitamin B1 atau thiamin (tiamin) mempunyai peran penting dalam pertumbuhan dan fungsi berbagai sel tubuh. / Foto: ilustrasi/livescience.com
A A A
JAKARTA - Vitamin B1 atau thiamin (tiamin) mempunyai peran penting dalam pertumbuhan dan fungsi berbagai sel tubuh.

Vitamin yang larut di dalam air ini bisa ditemukan secara alami di beberapa makanan, serta tersedia dalam bentuk suplemen.

Dokter Devia Irine Putri menyebutkan bahwa vitamin B1 merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan untuk produksi energi di dalam tubuh.

Secara khusus, thiamin berperan dalam membantu mengubah energi dari makanan yang kita makan. "Vitamin B1 adalah nutrisi yang juga penting untuk fungsi sistem saraf dan kontraksi sel otot," lanjut dia, Rabu (6/7/2022).

Sumber makanan yang mengandung vitamin B1 sebenarnya mudah ditemukan di menu sehari-hari. Yuk, simak apa saja makanan yang punya kandungan vitamin B1 tinggi.

Baca juga: Manfaat Daging Babi untuk Kesehatan

1. Daging Babi

Sumber makanan vitamin B1 yang lezat dan mudah ditemukan adalah daging babi. Potongan daging babi dapat membantu mencukupi kebutuhan thiamin dalam satu hari.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia Kemenkes RI, daging babi segar mentah per 100 g mengandung vitamin B1 sebanyak 0,58 mg.

Lengkapi sajian daging babi dengan sayur-sayuran. Jangan lupa cuci bersih daging dan masak hingga matang, ya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2564 seconds (0.1#10.140)