Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat usai Konsumsi Daging Kurban

Sabtu, 09 Juli 2022 - 16:14 WIB
loading...
Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat usai Konsumsi Daging Kurban
Cara cepat menurunkan kolesterol usai makan daging kurban saat Idul Adha bisa dilakukan tanpa obat. Kolesterol tinggi dapat diturunkan, dicegah dan diobati. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara cepat menurunkan kolesterol usai makan daging kurban saat Idul Adha bisa dilakukan tanpa obat . Kolesterol tinggi dapat diturunkan, tetapi seringkali merupakan akibat dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat, yang membuatnya dapat dicegah dan diobati.

Diet sehat, olahraga teratur, dan terkadang obat-obatan dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi. Daging kurban seperti sapi, domba dan kambing mengandung lemak tinggi. Konsumsi secara berlebihan menyebabkan kadar kolesterol dalam darah naik.

Kondisi ini meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung. Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Berikut cara cepat menurunkan kolesterol tanpa obat setelah konsumsi daging kurban dilansir dari Eat This, Sabtu (9/7/2022).


1. Olahraga

30 menit aerobik yang meningkatkan detak jantung dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan hal-hal baik. Olahraga memiliki efek yang lebih besar pada kolesterol baik, lipid yang menghilangkan kolesterol jahat yang menyumbat arteri.

2. Makan Serat

Makanan seperti oatmeal, apel, plum, dan kacang-kacangan kaya akan serat larut, yang mencegah tubuh Anda menyerap kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan 5 hingga 10 gram lebih banyak setiap hari mengalami penurunan kolesterol jahat.

Makan lebih banyak serat juga membuat Anda merasa kenyang, sehingga tidak akan terlalu menginginkan camilan. Tapi hati-hati, terlalu banyak serat pada satu waktu dapat menyebabkan kram perut atau kembung. Tingkatkan asupan Anda secara perlahan.

3. Minum Teh

Penelitian menunjukkan senyawa tertentu dalam teh yang disebut katekin dapat membantu menurunkan penyerapan kolesterol. Menurut sebuah penelitian, orang dengan kadar kolesterol agak tinggi yang minum lima cangkir teh hitam setiap hari mengalami penurunan rata-rata 5 persen kolesterol total dan 11 persen kolesterol jahat.

Studi lain, meta-analisis dari 20 uji coba kontrol acak, menemukan hasil yang serupa dengan teh hijau. Para peneliti menemukan bahwa minum teh hijau atau mengambil kapsul ekstrak teh hijau mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol jahat sebanyak 5 hingga 6 poin.

4. Makan Jahe

Jahe dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida total. Jahe juga terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Anda bisa menambahkan jahe mentah ke dalam makanan, dan meminumnya sebagai suplemen atau bubuk.

5. Minum Jus Apel

Jus apel mengandung senyawa polifenol yang bekerja mencegah oksidasi kolesterol jahat sehingga dapat menghambat penumpukan di pembuluh darah. Kolesterol jahat yang teroksidasi dikaitkan dengan serangan jantung dan stroke.


6. Daun Salam

Daun salam bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Penelitian awal mengenai ini pernah dilakukan dan menunjukkan bahwa minum teh yang terbuat dari daun salam setiap hari selama 10 hari sedikit meningkatkan kadar kolesterol baik.

7. Minum Susu Kedelai

Kedelai sangat rendah lemak jenuh. Mengganti krim atau produk susu berlemak tinggi dengan susu kedelai atau krimer dapat membantu mengurangi atau mengelola kadar kolesterol. Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk mengonsumsi 25 gram per hari kedelai.

Jumlah tersebut bisa Anda konsumsi sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Otoritas lain merekomendasikan untuk mengonsumsi 2-3 porsi makanan atau minuman berbahan dasar kedelai setiap hari, dengan satu porsi mewakili 250 mililiter susu kedelai.

8. Makan Bawang Putih

Bawang putih bisa membantu menurunkan kolesterol. Meski demikian, mengonsumsi makanan yang mengandung bawang putih, tak lantas akan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Masih ada perdebatan di antara para peneliti terkait bawang putih sebagai herbal penurun kolesterol.

9. Ketumbar

Ketumbar menambah kesegaran, rasa, dan warna pada makanan apa pun. Ketumbar adalah diuretik yang akan membuang limbah dan bahkan kolesterol berlebih.

10. Jus Jeruk

Penelitian dalam jurnal Lipid In Health and Disease menemukan bahwa mengonsumsi jus jeruk dalam jangka panjang dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Jus jeruk juga dapat meningkatkan kolesterol HDL atau kolesterol baik.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1954 seconds (0.1#10.140)