4 Cara Sehat Makan Daging Kurban saat Idul Adha, Cegah Kolesterol Naik

Sabtu, 09 Juli 2022 - 18:45 WIB
loading...
4 Cara Sehat Makan Daging Kurban saat Idul Adha, Cegah Kolesterol Naik
Cara sehat makan daging kurban saat Idul Adha penting untuk mencegah kolesterol naik. Makan terlalu banyak daging merah bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara sehat makan daging kurban saat Idul Adha penting diketahui untuk mencegah kolesterol naik . Para ahli memperingatkan makan terlalu banyak daging merah, baik itu sapi, kambing atau domba bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Penelitian telah menghubungkan konsumsi daging merah dengan masalah kesehatan yang serius. Mulai dari kolesterol tinggi, penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Meskipun mengonsumsi daging merah dalam jumlah besar dapat menyebabkan kolesterol tinggi, kanker, penyakit jantung, atau diabetes, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

Berikut beberapa cara sehat makan daging kurban saat Idul Adha menurut ahli bedah jantung dilansir dari Insider, Sabtu (9/7/2022).


1. Pilih Daging Sapi yang Diberi Makan Rumput

Daging sapi yang diberi makan rumput lebih tinggi asam lemak omega-3 anti-inflamasi. Sementara daging sapi yang dibesarkan di peternakan lebih tinggi asam lemak omega-6, yang dapat menyebabkan peradangan.

2. Makan Porsi Kecil

American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk memilih potongan daging tanpa lemak dan tidak lebih dari 3 ons per hari.

3. Perhatikan Metode Memasak

Membakar, merebus, memanggang daging merah adalah pilihan yang lebih sehat daripada menggoreng.

4. Hindari Daging Olahan

Dalam studi 2010, para peneliti menemukan bahwa makan setara dengan satu hot dog atau beberapa potong bacon atau daging olahan, dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 42 persen lebih tinggi dan risiko diabetes tipe 2 19 persen lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang makan daging mentah.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)