Cara Menurunkan Kolesterol dengan Kunyit, Minim Efek Samping

Senin, 11 Juli 2022 - 11:20 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol dengan Kunyit, Minim Efek Samping
Cara menurunkan kolesterol dengan kunyit bisa Anda coba karena minim efek samping. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memberikan manfaat untuk kesehatan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol dengan kunyit bisa Anda coba karena diyakini ampuh dan sangat minim efek samping. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang sudah dikenal sejak lama bisa memberikan manfaat untuk kesehatan.

Banyak penelitian yang menunjukkan Kunyit dipakai sebagai obat. Dari banyak manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh, satu yang cukup menarik diperhatikan adalah manfaat kunyit menurunkan kolesterol .

Dilansir dari Very Well, Senin (11/7/2022) sudah ada penelitian yang membuktikan kunyit ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Penelitian tentang kunyit sejauh ini dominan menguntungkan, meski pada kebanyakan studi dikerjakan pada hewan, bukan manusia. Di mana kunyit bisa memengaruhi kadar kolesterol total, termasuk menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik.


Salah satu studi pada kelinci menunjukkan bahwa kelinci yang diatur ke mode setting diet tinggi lemak menunjukkan paparan kunyit menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Bahkan mencegah kolesterol jahat teroksidasi.

Karena itu menurunkan lipid pada hewan, diperkirakan kunyit juga dapat melakukan hal yang sama pada manusia. Namun, dosis dan efek kunyit pada manusia terkait kolesterol dan trigliserida masih dalam penyelidikan. Itu kenapa diperlukan penelitian lebih lanjut.

Di sisi lain, sejatinya pernah ada penelitian antara kunyit dengan efek penurunan kolesterol pada manusia. Hanya saja, studi dalam kelompok kecil.

Di sana diketahui bahwa terjadi sedikit penurunan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat, tapi sayang bukan penurunan yang signifikan. Dalam studi ini, responden diminta mengonsumsi antara 60 mg hingga 1 gram kurkumin dalam periode enam bulan.


Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kolesterol tinggi dapat diturunkan, tetapi seringkali merupakan akibat dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat, yang membuatnya dapat dicegah dan diobati. Diet sehat, olahraga teratur, dan terkadang obat-obatan dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1641 seconds (0.1#10.140)