Apakah Penderita Kolesterol Boleh Makan Daging Sapi? Yuk, Simak Penjelasannya

Sabtu, 16 Juli 2022 - 15:11 WIB
loading...
Apakah Penderita Kolesterol Boleh Makan Daging Sapi? Yuk, Simak Penjelasannya
Apakah penderita kolesterol boleh makan daging sapi? Pertanyaan ini akan terjawab setelah membaca tuntas artikel ini. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - Apakah penderita kolesterol boleh makan daging sapi? Pertanyaan ini akan terjawab setelah membaca tuntas artikel ini.

Seperti diketahui, mengonsumsi daging merah, seperti sapi memang disukai banyak orang. Akan tetapi, hal ini perlu dikontrol bagi penderita kolesterol, agar tidak meningkat secara signifikan.

Menukil laman Primaya Hospital, terdapat sejumlah tips untuk penderita kolesterol jika ingin mengonsumsi daging sapi, antara lain:

Baca juga: Tips Padu Padan Outfit untuk Akhir Pekan supaya Terlihat Kece

1. Bagi penderita kolesterol dianjurkan tidak makan daging berlebihan. Angka aman yang direkomendasikan adalah 1-3 kali makan daging per pekan dengan berat 56-85 gram per porsi.

2. Pilih bagian tidak berlemak, misalnya bagian pinggang. Hindari organ dalam seperti hati dan usus, begitu juga daging yang telah melewati pemrosesan seperti sosis dan ham.

3. Jangan lupa sayur dan buah untuk mengimbangi kolesterol dari daging sapi yang sudah dimakan. Pastikan ada sayuran dan buah dalam seporsi makanan bersama daging.

4. Sebaiknya masak daging sapi dengan cara dipanggang atau direbus. Ini lebih aman buat penderita kolesterol tinggi. Bila memasak dengan kuah, hindari santan dan garam berlebih.

5. Terakhir, perlu diimbangi dengan olahraga teratur jika mau lebih aman tetap makan daging sapi.

"Jadi justru yang perlu dijaga adalah agar kolesterol tidak meningkat saat lebaran Idul Adha, misalnya dengan memilih daging yang tidak berlemak, tidak mengonsumsi jeroan dan tidak terlalu banyak mengambil kuah santan/gulai pada hidangan," terang ahli gizi Primaya Hospital Tangerang, dr. Yohan Samudra saat dihubungi, Sabtu (9/7/2022).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1372 seconds (10.55#12.26)