BitHealth Hadirkan Solusi bagi Rumah Sakit Indonesia untuk Lakukan Transformasi Digital

Jum'at, 15 Juli 2022 - 18:17 WIB
loading...
BitHealth Hadirkan Solusi bagi Rumah Sakit Indonesia untuk Lakukan Transformasi Digital
Chief Operating Officer BitHealth Timur Bawono saat menjadi salah satu pembicara dalam acara Digitalise Healthcare Indonesia yang diadakan oleh Hospital Management Asia (HMA) di Hotel JS Luwansa Jakarta, beberapa waktu lalu. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah membuat para pelaku industri kesehatan semakin sadar akan pentingnya sistem pendukung teknologi dalam proses manajerial rumah sakit yang berdampak pada efisiensi kinerja secara keseluruhan. Hanya beberapa perusahaan solusi teknologi yang mampu memberikan layanan sistem pendukung tersebut secara terintegrasi dan terpercaya.

“Dalam kondisi sekarang, saat kemajuan teknologi digital yang begitu cepat dan kompleks serta para pelaku industri rumah sakit yang umumnya tidak memiliki background IT, sepatutnya tidak menjadi masalah. Kami dari Bithealth menyadari hal tersebut dan berupaya menjadi mitra terbaik untuk mewujudkan transformasi digital di industri kesehatan terutama di rumah sakit,” papar Chief Operating Officer BitHealth Timur Bawono saat menjadi salah satu pembicara dalam acara Digitalise Healthcare Indonesia di Jakarta beberapa waktu lalu.

Pernyataan Timur tersebut sejalan dengan fakta BitHealth adalah mitra teknologi kesehatan digital resmi pertama dari Healthcare Information and Management Systems Society (HIMSS) di Indonesia. Organisasi ini terkenal fokus dan terdepan pada optimalisasi transformasi kesehatan digital serta membantu pencapaian sasaran strategi rumah sakit di seluruh dunia.

Hingga saat ini, BitHealth sudah bekerja sama dengan satu grup rumah sakit besar yang memiliki lebih dari 30 cabang di seluruh Indonesia dan rumah sakit lain di daerah Tangerang.

“Membantu rumah sakit menemukan teknologi dan vendor yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuannya serta membuatkan solusi dan mengimplementasikan sistem adalah layanan-layanan BitHealth sekaligus menjadi salah satu tujuan kami sebagai mitra teknologi resmi HIMSS,” ujar Timur dalam acara yang diadakan oleh Hospital Management Asia (HMA) dan dihadiri lebih dari 200 peserta tersebut.

Timur menuturkan, BitHealth memulai bisnis layanan solusi digital di industri healthcare sejak 2020 dengan membantu proses transformasi digital rumah sakit.

“Rumah sakit tersebut memulai transformasi digital mereka dengan mengimplementasikan Sistem Informasi Rumah Sakit yang terstandarisasi dan terintegrasi dengan sistem janji temu pasien dan sistem keuangan,” imbuhnya.

Pada tahap digitalisasi berikutnya, kata Timur, mereka mengimplementasikan EMR, teleconsultation system, human resource system, TeleHealth, Patient Portal, Automation Process, Tata Kelola Klinik para Dokter, CPOE, serta penggunaan Data Analitik dan AI.

“BitHealth membantu proses digitalisasi di klien rumah sakit tersebut dengan melakukan pemilihan teknologi dan vendor serta membangun solusi-solusi yang mendukung roadmap digitalisasi mereka sesuai pilar solusi yang dimiliki BitHealth,” beber Timur.

Beberapa solusi ini yakni pilar Data dan AI dengan solusi Data Warehouse Development dan Maintenance, Data Analytics dan Visualization, serta AI (Artificial Intelligent).

Lebih lanjut Timur mengungkapkan, pilar yang kedua yakni Digital and Experience dengan solusi antara lain Nurse & Patient Portal, Master Data Management, Human Capital Management System, Document Management System dan Robotic Processing Automation, Digital Host-to-Host Claim Management System, serta Wellness & Community Apps.

“Semua solusi ini telah sukses kami implementasikan di klien rumah sakit kami dan terbukti berhasil meningkatkan pelayanan kepada pasien sekaligus meningkatkan efektifitas dan efisiensi operasionalisasi di rumah sakit tersebut,” pungkasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1003 seconds (0.1#10.140)