Tiga Cara Menentukan Topik Skripsi ala Tyas Nastiti

Senin, 18 Juli 2022 - 16:30 WIB
loading...
Tiga Cara Menentukan Topik Skripsi ala Tyas Nastiti
Tyas Nastiti. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Buddies, di antara kamu ada yang lagi kebingungan menentukan topik buat skripsi enggak sih? Atau kamu dulu pernah mengalaminya?

Nah, Tyas Nastiti yang merupakan content creator , dosen, sekaligus entrepreneur punya jawabannya nih. Sebagai seorang akademisi, perempuan yang akrab disapa Mbak Yas ini sering banget berbagi tips seputar perkuliahan di media sosial, terutama tentang skripsi.

Ada 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk menentukan topik skripsi. Pertama, ketahui fenomena yang terjadi di sekitar atau sesuatu yang sedang “booming”.



“Caranya adalah dengan sering membaca. Boleh membaca berita di koran, platform online, atau menyimak informasi di media sosial. Jadi cari hal-hal yang sedang booming,” ujar dosen Desain Komunikasi Visual Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) ini .

Kedua, kaitkan permasalahan yang ada di masyarakat dengan passion kamu. Entrepreneur asal Amerika Steve Jobs menyebutnya sebagai “connecting the dots”.

“Jadi misalnya kalian menemukan sesuatu yg menjadi keresahan masyarakat. Nah kalian tahu nih bahwa itu bisa diselesaikan dgn passion kalian. Coba dikaitkan antara 2 hal tersebut. Jadi koneksikan satu permasalahan dengan solusi yg bisa kalian selesaikan,” jelas Mbak Yas.

Ketiga, kalau masih buntu juga, cobalah cek referensi penelitian dari skripsi-skripsi terdahulu. Jadi Buddies harus kunjungi perpustakaan kampus.

Mbak Yas memberi contoh, kalau kamu tertarik dengan fotografi, carilah skripsi kakak tingkat yang melakukan penelitian di bidang serupa. “Makin banyak referensi, maka kamu juga akan mendapatkan makin banyak ide,” tutup Mbak Yas.

(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2964 seconds (0.1#10.140)