Gejala Kolesterol Tinggi di Mata, Dua Tanda Ini Jangan Disepelekan

Selasa, 19 Juli 2022 - 22:55 WIB
loading...
Gejala Kolesterol Tinggi di Mata, Dua Tanda Ini Jangan Disepelekan
Gejala kolesterol tinggi di mata merupakan salah satu tanda gangguan kesehatan akibat lemak jahat. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Gejala kolesterol tinggi di mata merupakan salah satu tanda gangguan kesehatan akibat lemak jahat. Kelebihan kolesterol atau low density lipoprotein (LDL) bisa menimbulkan banyak risiko yang berbahaya untuk kesehatan.

Seseorang dikatakan memiliki kolesterol tinggi bila, kadar kolesterol totalnya mencapai 190 mg/dL atau lebih. Sehubungan dengan itu, memiliki kolesterol tinggi, pada mata akan muncul bercak.

Lantas seperti apa saja gejalanya? berikut penjelasan gejala kolesterol tinggi di mata sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. Xanthelasma

Kondisi mata yang memiliki bercak kuning di sudut dalam kelopak. Dalam kebanyakan kasus, xanthelasma ini sering terjadi pada wanita berusia 30–50 tahun, dan pada mereka yang mengidap kolesterol tinggi.



Meskipun tidak berbahaya, xanthelasma bisa menjadi tanda bahwa Anda lebih mungkin terkena penyakit jantung. Jadi jangan abaikan kondisi kulit dan segera periksakan ke dokter.

2. Arcus senilis

Kondisi mata dengan menimbulkan tanda cincin putih, abu-abu, atau biru yang berkembang di sekitar tepi kornea. Menurut American Academy of Ophthalmology (AAO), arcus senilis tidak berbahaya.

Namun, jika cincin itu muncul pada orang dewasa muda, terkadang bisa menjadi tanda kolesterol tinggi. Sementara hubungan antara arcus senilis dan kolesterol tinggi pada orang tua, menjadi bahan perdebatan di kalangan profesional medis.

"Beberapa ahli percaya bahwa ada hubungan antara kondisi dan kolesterol tinggi, yang dapat menyebabkan masalah kardiovaskular," keterangan dalam Medical News Today, dikutip Selasa (19/7/2022).
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)