Resep Membuat Nasi Goreng Rendah Kolesterol menurut dr. Zaidul Akbar

Rabu, 20 Juli 2022 - 07:07 WIB
loading...
Resep Membuat Nasi Goreng Rendah Kolesterol menurut dr. Zaidul Akbar
Kolesterol merupakan penyakit yang menjadi momok banyak orang. Makanan rendah kolesterol tentu harus menjadi pilihan. Foto/Instagram dr. Zaidul Akbar
A A A
JAKARTA - Kolesterol merupakan penyakit yang menjadi momok banyak orang. Karena itu, demi terhindar dari penyakit tersebut, seseorang harus menjaga pola makan. Makanan rendah kolesterol tentu harus menjadi pilihan.

Nasi goreng termasuk salah satu makanan yang bisa dikreasikan dengan kandungan kolesterol yang rendah. Bila umumnya nasi goreng mengandung banyak minyak atau lemak jahat yang berbahaya bagi kesehatan, tapi tidak dengan kreasi menu yang dibuat oleh dr. Zaidul Akbar ini.

Baca Juga: 5 Menu Makan Malam Rendah Kolesterol, Enak Tanpa Digoreng

Lantas, bagaimana membuat nasi goreng yang rendah kolesterol? Berikut resepnya, seperti dikutip dari akun Instagram pribadi dr. Zaidul Akbar.

Bahan:

1. Nasi cokelat
2. Bawang merah
3. Bawang putih
4. Cabai rawit
5. Serai
6. Garam mineral non refinasi
7. Lada hitam
8. Bumbu lain secukupnya
9. Minyak zaitun extra virgin secukupnya buat menumis
10. Hati dan perasaan bahagia penuh cinta.

Baca Juga: 4 Menu Sarapan Rendah Kolesterol, Mudah Dibuat dan Menyehatkan

Cara Membuat:


1. Iris kecil bahan 2, 3, 4, dan 5 lalu tumis dengan minyak zaitun menggunakan api kecil.

2. Setelah menumis beberapa bahan tadi, hirup apakah sudah mengeluarkan aroma. Bila sudah, tuang nasi cokelat, aduk rata. Beri lada hitam, garam, dan bahan lain seperti kacang mete, almond, atau irisan kurma. Kalau tidak ada anggaran, Anda bisa mengganti nasi cokelat dengan nasi putih dan minyak zaitun dengan minyak kelapa.

3. Agar rasanya lebih enak, dr. Zaidul meminta agar selalu menuangkan perasaan ke dalam masakan. "Sejak awal masak, bahan no. 10 ditumpahkan terus ke dalam wajan," katanya.

4. Terakhir ialah menyiapkan piring sebagai wadah. Sebelum makan, tidak lupa dr. Zaidul mengingatkan agar selalu berdoa.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2252 seconds (11.97#12.26)