Teh Hijau Penurun Kolesterol Tinggi, Mitos atau Fakta?
Rabu, 20 Juli 2022 - 09:41 WIB
loading...
Kolesterol tinggi dipercaya banyak orang bisa diturunkan dengan teh hijau. Foto Ilustrasi/Freepik
A
A
A
JAKARTA - Kolesterol tinggi dipercaya banyak orang bisa diturunkan dengan teh hijau . Apakah itu fakta atau mitos semata?
Jawabannya fakta. Banyak studi sudah membuktikan bahwa teh hijau adalah penurun kolesterol tinggi yang cukup ampuh. Bahkan, teh hijau dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung juga.
"Beberapa studi menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida," kata Rebecca Yellin, ahli diet di Montefiore Health System, New York City, Amerika Serikat, dikutip dari Livestrong, Rabu (20/7/2022).
Baca Juga: Kolesterol Tinggi Turun dalam 30 Menit dengan Minum Teh Hijau
Kandungan katekin yang merupakan kelompok antioksidan ditemukan di teh hijau dan itu juga yang membuat bahan alami tersebut ampuh menurunkan kolesterol tinggi.
Dijelaskan lebih detail, studi yang diterbitkan dalam Jurnal Nutrisi pada September 2020, berisi ulasan dari 31 penelitian dengan lebih dari 3.000 subjek, memperlihatkan dampak positif teh hijau untuk menurunkan kolesterol jahat.
"Teh hijau memiliki efek yang signifikan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Luar biasanya, konsumsi teh hijau tidak menurunkan kolesterol baik (HDL)," ungkap laporan tersebut.
Jawabannya fakta. Banyak studi sudah membuktikan bahwa teh hijau adalah penurun kolesterol tinggi yang cukup ampuh. Bahkan, teh hijau dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung juga.
"Beberapa studi menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida," kata Rebecca Yellin, ahli diet di Montefiore Health System, New York City, Amerika Serikat, dikutip dari Livestrong, Rabu (20/7/2022).
Baca Juga: Kolesterol Tinggi Turun dalam 30 Menit dengan Minum Teh Hijau
Kandungan katekin yang merupakan kelompok antioksidan ditemukan di teh hijau dan itu juga yang membuat bahan alami tersebut ampuh menurunkan kolesterol tinggi.
Dijelaskan lebih detail, studi yang diterbitkan dalam Jurnal Nutrisi pada September 2020, berisi ulasan dari 31 penelitian dengan lebih dari 3.000 subjek, memperlihatkan dampak positif teh hijau untuk menurunkan kolesterol jahat.
"Teh hijau memiliki efek yang signifikan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Luar biasanya, konsumsi teh hijau tidak menurunkan kolesterol baik (HDL)," ungkap laporan tersebut.
Lihat Juga :