3 Jamur Penurun Kolesterol, Alami dan Terbukti

Jum'at, 22 Juli 2022 - 15:22 WIB
loading...
3 Jamur Penurun Kolesterol, Alami dan Terbukti
Sedikitnya ada tiga jamur penurun kolesterol yang perlu diketahui. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tiga jamur penurun kolesterol yang perlu diketahui. Kolesterol tinggi menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang karena menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit berbahaya.

Kolesterol sendiri bisa diartikan sebagai zat mirip lemak yang dihasilkan oleh organ hati. Zat tersebut mengalir ke aliran tubuh dengan bantuan partikel yang disebut lipoprotein. Sebagai bentuk pencegahannya, seseorang yang terindikasi kadar kolesterol tinggi bisa memasukan beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan kadar tersebut.

Baca juga : 9 Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat dan Menaikkan Kolesterol Baik

Salah satu diantaranya adalah jamur. Seperti yang diketahui jamur merupakan organisme yang serbaguna. Jamur secara inheren berguna untuk menurunkan kolesterol dengan kandungan serat dan proteinnya yang tinggi. Selain itu, jamur juga memiliki fitokimia yang bisa membantu mengurangi kolesterol tinggi.

Berikut beberapa jenis jamur yang bisa membantu menurunkan kolesterol :

1. Jamur Tiram

Umumnya, jamur tinggi sangat lezat untuk dikonsumsi. Selain itu, jenis jamur ini juga terbukti sehat dan bisa menurunkan kadar kolesterol. Dikutip dari Alban Acupuncture, hal ini terjadi karena secara alami jamur mengandung sejumlah kecil lovastatin, sebuah zat kimia penurun kolesterol dan banyak digunakan dalam pengobatan penderitanya.

Jamur Tiram juga memiliki berbagai efek anti-inflamasi dan hepatoprotektif serta menurunkan kadar glukosa darah. Inilah yang membuat jamur tiram bisa menjadi salah satu makanan yang bisa melindungi diri dari efek buruk kolesterol tinggi.

2. Jamur Shitake

Kemampuan jamur shitake sebagai penurun kolesterol disebabkan oleh eritadenine, salah satu komponen shitake. Eritadenine ini membantu meningkatkan ekskresi kolesterol yang dapat menurunkan tingkat sirkulasi dalam darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2039 seconds (0.1#10.140)