Tips Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Normal

Jum'at, 22 Juli 2022 - 16:55 WIB
loading...
Tips Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Normal
Pemilihan peralatan masak yang tepat bisa mengurangi kadar kolesterol pada makanan. Foto/Dok eMSHOP
A A A
JAKARTA - Meskipun tersedia obat-obatan yang mampu menurunkan kolesterol , mengubah gaya hidup adalah satu-satunya cara untuk mengurangi risiko masalah kesehatan yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Kunci kadar kolesterol yang normal adalah menerapkan gaya hidup sehat. Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal:

1. Kurangi lemak jenuh. Lemak jenuh sering ditemukan dalam daging merah dan produk susu penuh lemak. Konsumsi lemak jenuh dapat meningkatkan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dalam darah.

2. Hindari asupan lemak trans. Lemak trans sering dicantumkan pada label makanan sebagai “minyak sayur terhidrogenasi parsial”. Ini sering digunakan dalam margarin dan kue kering, biskuit, dan kue yang dibeli di toko. Lemak trans meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan, sehingga kamu perlu membatasi atau menghindarinya.

Baca Juga : Ini 6 Tanda Fisik Kolesterol Tinggi, Kenali dan Segera Obati

3. Perbanyak asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 adalah lemak baik yang tidak akan meningkatkan jumlah kolesterol jahat. Bahan, omega-3 memberikan beragam manfaat bagi kesehatan jantung lainnya, termasuk mengurangi tekanan darah.

4. Perbanyak konsumsi serat larut. Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Oatmeal, kacang merah, kubis brussel, apel dan pir adalah contoh makanan yang tinggi kandungan seratnya.

Disisi lain, menurut Head of Merchandiser eMSHOP, Khilqa Putri, dalam pengemasan makanannya juga perlu diperhatikan kadar minyak goreng yang akan masuk dalam tubuh. Untuk itu disarankan menggunakan wajan anti lengket yang dapat memasak dengan sedikit minyak namun membuat masakan matang merata.

Lock N Lock Frypan Everyday Cooking dapat dijadikan wajan yang dapat memasak dengan sedikit minyak. Frypan ini mudah digunakan dan menggunakan bahan anti lengket bermutu tinggi sehingga memasak menjadi lebih simple dan cepat.

"Lock N Lock Frypan Everyday Cooking dapat menjadi alternatif alat masak untuk mengurangi kadar kolestrol jahat dalam tubuh karena bisa memasak dengan sedikit minyak. Apalagi makanan tetap masak merata," ucap Khilqa.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2464 seconds (10.101#12.26)