8 Obat Herbal untuk Mengatasi Radang Tenggorokan, Ampuh Tanpa Efek Samping

Sabtu, 23 Juli 2022 - 10:08 WIB
loading...
A A A
“Sama seperti lemon, cuka apel memiliki sifat asam. Rasa asam pada cuka apel dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah radang tenggorokan semakin parah,” jelas dr. Valda.

4. Teh Hijau atau Teh Peppermint

Ada beberapa teh herbal yang dapat digunakan untuk meredakan radang tenggorokan, yaitu teh hijau dan teh peppermint. Bila Anda tak suka dengan aroma menyengat dari peppermint, Anda dapat mengonsumsi teh kamomil.

Sebab, teh bunga tersebut dapat bertindak sebagai “pelumas” pada tenggorokan. Alhasil, suara serak dan masalah sulit menelan pun bisa cepat selesai.

5. Jahe dan Kencur

Jahe maupun kencur memiliki efek anti-peradangan sehingga bisa mengurangi nyeri akibat radang tenggorokan. Untuk jahe, biasanya herbal tersebut diolah menjadi wedang jahe atau teh jahe. Adapun kencur dapat langsung dikonsumsi setelah dikupas dan dipotong, atau dibuat menjadi segelas jamu.

Kencur sendiri dipercaya mampu melegakan saluran pernapasan dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat. Mereka yang pekerjaannya sangat bergantung pada kondisi tenggorokan, misalnya penyanyi atau pemain teater, akan menjadikan tanaman rimpang ini sebagai senjata andalan sebelum tampil.

Baca Juga: 6 Makanan Terbaik untuk Penderita Radang Tenggorokan

6. Makanan atau Minuman Probiotik

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri di dalam saluran pencernaan. Tak hanya itu, ternyata probiotik juga dapat membantu mencegah infeksi saluran pernapasan, termasuk tenggorokan!
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)