3 Kebiasaan yang Menyebabkan Radang Amandel, Salah Satunya Makan Bakso

Kamis, 26 September 2024 - 07:00 WIB
loading...
3 Kebiasaan yang Menyebabkan...
Ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan radang amandel tanpa disadari. Sayangnya, banyak orang tidak mengetahuinya dan kerap menganggap sepele hal ini. Foto/Getwell Urgent Care
A A A
JAKARTA - Ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan radang amandel tanpa disadari. Sayangnya, banyak orang tidak mengetahuinya dan kerap menganggap sepele hal ini, seperti kurang menjaga kebersihan mulut.

Radang amandel merupakan kondisi di mana amandel mengalami peradangan akibat infeksi, baik oleh virus maupun bakteri. Amandel berfungsi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh yang melawan infeksi, tetapi kebiasaan buruk dapat memicu peradangan pada organ ini.

"Kebiasaan yang bikin radang amandel dan sakit tenggorokan semakin parah. Batu amandel bisa timbul karena ada penumpukan sisa-sisa makanan. Ditambah dengan cairan radang yang keluar dari belakang amandel," kata Medical Doctor & Health Content Creator dr Kevin Mak.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan radang amandel dirangkum dari akun Instagram @drkevinmak, Kamis (26/9/2024).

3 Kebiasaan yang Menyebabkan Radang Amandel





1. Konsumsi Makanan Pedas dan Keras


Makanan keras seperti keripik dapat melukai tenggorokan, menyebabkan iritasi, dan memperparah peradangan. Makanan pedas dan berbumbu kuat juga dapat meningkatkan produksi lendir dan menyebabkan penumpukan lendir di tenggorokan.

"Kebiasaan pertama yang bikin amandel kamu makin parah adalah makanan pedas dan keras. Kayak keripik pedas, basreng pedas, atau bakso dengan sambal pedas. Makan makanan pedas saat tenggorokan akan merangsang keluarnya dahak dan bikin tenggorokan kamu makin parah," jelasnya.

2. Olahraga Berat


Meski tidak secara langsung, namun ada beberapa faktor terkait aktivitas fisik yang bisa memicu atau memperparah kondisi ini, terutama bagi individu yang sudah memiliki kecenderungan radang amandel. Seperti sistim imun menurun, kurang asupan cairan, olahraga di lingkungan tidak sehat.

"Yang kedua adalah olahraga berat. Saat amandel kamu meradang, ada baiknya istirahat yang cukup selama dua, tiga hari agar tubuh kamu pemulihannya maksimal dan juga penyembuhannya lebih cepat," ujarnya.



3. Begadang


Kurang tidur dapat memicu stres yang berisiko menyebabkan peradangan dan menekan sistem imun di dalam tubuh, termasuk radang amandel.

"Dan yang paling sering kamu lakuin nggak sadar adalah begadang. Kalau kamu kurang tidur, otak kamu akan melepaskan hormon stres atau kortisol. Kortisol yang tinggi akan menekan sistem imun dan memperlambat penyembuhan. Jadi wajib tidur yang cukup ya," tandasnya.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2541 seconds (0.1#10.140)