#WeTheHealth, Wadah Informasi Seputar Kesehatan di Era New Normal

Sabtu, 27 Juni 2020 - 16:37 WIB
loading...
#WeTheHealth, Wadah Informasi Seputar Kesehatan di Era New Normal
#WeTheHealth merupakan konferensi kesehatan digital pertama di Indonesia yang menjadi wadah informasi seputar isu kesehatan dalam rangka menghadapi new normal. / Foto: tangkapan layar #WeTheHealth
A A A
JAKARTA - Masyarakat tengah mencoba beradaptasi dengan masa new normal di tengah pandemi Covid-19 . Mereka menjalani segala aktivitas secara normal, namun tetap memperhatikan berbagai tindakan pencegahan agar kondisi badan tetap prima dan terhindar dari segala penyakit, terutama virus corona baru .

(Baca juga: Cerdas Kelola Emosi saat Pandemi )

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, mengubah cara hidup berbagai kalangan, mulai dari pekerja, siswa sekolah, hingga pemerintah. Dan dalam melancarkan proses perubahan ke arah new normal diperlukan sinergi dan dukungan dari seluruh pihak mulai dari pemerintah, swasta, tenaga kesehatan, hingga masyarakat itu sendiri.

Sinergi tersebut dibutuhkan agar seluruh elemen dapat bergotong royong menghadapi pandemi ini. Hal tersebut sebagaimana juga diungkapkan CEO Jovee & Lifepack, Natali Ardianto saat launching acara #WeTheHealth melalui konferensi virtual, Sabtu (27/6).

"Masyarakat perlu bekal yang komprehensif untuk menghadapi new normal, di antaranya adalah dibekali informasi yang lengkap dan akurat langsung dari pakar yang sesuai bidangnya. Pemerintah juga mengatur kondisi new normal melalui kebijakan dan aturan-aturan yang sesuai dengan keadaan saat ini," tutur Natali.

"Tentunya dukungan serta dedikasi tinggi dari para tenaga kesehatan yang terus berjuang di garda terdepan, hingga peran telemedik sangat penting untuk membantu meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Semua ini bersinergi menjadi satu dalam konferensi kesehatan digital #WeTheHealth," sambungnya.

#WeTheHealth merupakan konferensi kesehatan digital pertama di Indonesia yang menjadi wadah informasi seputar isu kesehatan dalam rangka menghadapi new normal. Konferensi kesehatan digital #WeTheHealth, Sabtu (27/6), dibuka dengan tema webinar Peran Swasta dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Sektor Kesehatan di Daerah. Kali ini, hadir Wakil Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc; Bupati Trenggalek H. Mochamad Nur Arifin; Staf Ahli Menteri bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi Kementerian Kesehatan RI, dr. Slamet, MHP; dan SehatPedia Kemenkes RI, Rico Mardiansyah.

Sebagai salah satu panelis, dr. Slamet, MHP, mengungkapkan pentingnya kolaborasi dan dukungan seluruh pihak untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pelayanan sektor kesehatan di Indonesia agar lebih baik lagi. "Kementerian Kesehatan mengapresiasi atas terselenggaranya konferensi kesehatan digital #WeTheHealth. Inisiasi seperti ini tentunya membantu seluruh pihak khususnya pemerintah dalam upaya memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai isu kesehatan dan bagaimana menghadapi kondisi new normal," paparnya.

Selain mengangkat topik dari sisi pemerintahan, #WeTheHealth juga memiliki dua track yang diisi berbagai topik menarik dan dibawakan pakar yang ahli di bidangnya selama pukul 10.00-17.00 WIB. Di antaranya webinar khusus tenaga kesehatan yang membahas topik mengenai bagaimana strategi dan manajemen untuk penderita diabetes mellitus yang akan dipandu Aveecena dan diisi dr. Tri Juli Edi Tarigan, Sp.PD., KEMD., FINASIM., Ns. Ahmad Hasyim W. S.Kep., M.Kep., M.Ng., dan Ernawati, S.Kp., M.Kep., Sp.KMB.

Adapun track selanjutnya dibawakan health & lifestyle influencer cantik, Puspa Dewi, yang viral di sosial media karena masih terlihat awet muda dan sangat bugar walau sudah berusia 52 tahun dan sudah memiliki seorang cucu. Puspa Dewi memberikan kiat-kiat bagaimana menjaga kebugaran tubuh dan awet muda. Kemudian dilanjutkan pendiri Sehatmental.id, Ade Binarko, yang membahas mengenai pentingnya mengelola stres saat pandemi.

(Baca juga: Manfaat Makan Cabai Merah, Bisa Menyehatan Jantung )

Sesi berikutnya, dr. Darrel Fernando, SpOG, membahas seputar rutinitas untuk wanita yang sedang hamil saat new normal. Dilanjutkan dengan topik bagaimana tips menjaga kesehatan kulit dari dalam di saat situasi new normal yang dibawakan dr. Listya Paramita, SpKK. Sementara, dr. Jaka Pradipta Sp.P tidak ketinggalan untuk membahas mengenai persiapan serta adaptasi menghadapi rutinitas new normal. Acara ini pun ditutup dengan pembahasan mengenai tema yang berhubungan dengan seks yakni bagaimana pandemi berdampak pada pola aktivitas seksual, yang dibawakan dr. Robbi Asri Wicaksono, SpOG.

"Kami berharap konferensi kesehatan digital #WeTheHealth dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya dan menjadi awal mula dari sinergi dan kolaborasi bagi seluruh pihak untuk dapat bersama-sama membangun sektor kesehatan menjadi semakin baik lagi. Jovee & Lifepack terus berkomitmen turut membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia melalui berbagai layanan dan inovasi di bidang kesehatan yang selalu kami hadirkan untuk kebutuhan masyarakat," tutup Natali.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1577 seconds (0.1#10.140)