10 Jenis Buah untuk Mengobati Maag Kronis, Murah dan Mudah Didapat

Sabtu, 23 Juli 2022 - 15:28 WIB
loading...
10 Jenis Buah untuk Mengobati Maag Kronis, Murah dan Mudah Didapat
Penyakit maag kronis bisa diobati dengan beberapa jenis buah. Foto/Verywell Health
A A A
JAKARTA - Sakit maag atau dispepsia adalah rasa tidak nyaman di perut, seperti perut terasa penuh, rasa panas pada perut bagian atas, serta kembung. Penderitanya tentu saja sangat terganggu dengan adanya penyakit ini
‎
Maag Makanan yang memicu pengeluaran asam lambung seperti makanan pedas, berlemak, dan belum matang harus benar-benar dihindari. Penderita gastritis sebaiknya mengonsumsi buah untuk mag demi meredakan gejala.

Ternyata maag tak harus disembuhkan dengan obat. Beberapa jenis buah ternyata bisa meredakan penyakit ini. Jenis buah yang dipilih harus dengan tingkat keasaman rendah. Jeruk, lemon, jeruk bali, dan sejenisnya sebaiknya dihindari karena memiliki tingkat keasaman tinggi.

Beberapa buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang bisa membantu menjaga bahkan menurunkan kadar asam lambung, di antaranya:

1. Pisang

Pisang sering dikonsumsi untuk melawan penyakit usus karena teksturnya yang lembut. Buah ini mengandung kalium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan pH di dalam lambung. Kandungan potassium yang tinggi juga mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat stres.

Namun, ada beberapa kejadian pisang justru dapat memperburuk mag. Karena, tidak semua gangguan asam lambung cocok diobati dengan pisang. Jika sudah mencoba dan ternyata gagal, maka sebaiknya segera dihentikan.

Baca Juga: Sakit Mag Tak Kunjung Sembuh, Apa Penyebabnya?

2. Pepaya

Pepaya mengandung papain atau enzim propeolitik yang meningkatkan sistem pencernaan. Kandungan asam asetat dan asam askorbatnya bisa berfungsi sebagai obat penyakit lambung.

Rasanya yang manis juga merupakan pilihan yang aman bagi Anda penderita gangguan lambung. Kandungan serat pada buah pepaya dapat memperlancar saluran cerna Anda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2148 seconds (0.1#10.140)