Bolehkah Olahraga saat Menstruasi? Ini Saran Ahli

Minggu, 24 Juli 2022 - 10:18 WIB
loading...
Bolehkah Olahraga saat Menstruasi? Ini Saran Ahli
Memiliki hobi berolahraga sangat baik untuk kesehatan. Namun bagi wanita, ada waktu tertentu tidak berolahraga, seperti di masa menstruasi. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Memiliki hobi berolahraga sangat baik untuk kesehatan. Namun bagi wanita, ada waktu tertentu tidak berolahraga, seperti di masa menstruasi.

Andre Caprina selaku Marathoner dan Marathoning Coach menjelaskan jika wanita datang bulan, menyebabkan mood atau emosional wanita tidak stabil.

Sehingga disarankan tidak berolahraga di awal dan hari kedua menstruasi. Boleh berolahraga selama menstruasi, dengan porsi latihan yang lebih ringan atau dikurangi.

"Sebenarnya untuk berlari tidak dianjurkan karena sebenarnya saat kondisi tubuh tidak stabil, kemudian up and down, sehingga disarankan untuk menstruasi hari pertama dan kedua beristirahat," ujar Andre kepada MNC Portal dalam konferensi pers Vaseline Berlin Run, Sabtu (23/7/2022).



"Jadi untuk wanita sedang menstruasi biasanya perempuan jelang satu Minggu nggak stabil kan. Terutama emosionalnya boleh lakukan latihan tapi porsinya dikurangi (rendah)," jelasnya

"sebenarnya untuk berlari tidak dianjurkan karena kondisi tubuh tidak stabil. Kemudian up and down, sehingga disarankan untuk menstruasi hari pertama dan kedua beristirahat," imbuh Andre

Dengan demikian, dia pun menegaskan wanita tetap bisa melakukan olahraga kala menstruasi. Namun, disarankan untuk mengurangi porsi atau beban latihan.

Salah satu olahraga yang murah dan praktis yaitu lari. Menurut Andre bisa menyasar atau dilakukan siapapun, sekalipun ibu rumah tangga.

Tambahan informasi, coach Andre juga menjadi pelatih bagi para pelari dari Vaseline yang akan siap dalam ajang Marathon Internasional di Berlin, Jerman.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2147 seconds (0.1#10.140)