Begini Cara Menurunkan Kolesterol dengan Daun Jambu Biji

Selasa, 26 Juli 2022 - 11:50 WIB
loading...
Begini Cara Menurunkan Kolesterol dengan Daun Jambu Biji
Kolesterol bisa diartikan sebagai zat mirip lemak yang dihasilkan oleh organ hati. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kolesterol bisa diartikan sebagai zat mirip lemak yang dihasilkan oleh organ hati. Zat tersebut mengalir ke aliran tubuh dengan bantuan partikel yang disebut lipoprotein.

Menurut jenisnya, kolesterol yang dihasilkan tubuh ada dua jenis, yaitu low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL). LDL ini biasanya sering disebut kolesterol jahat , sementara HDL merupakan kolesterol baik yang berguna bagi tubuh.

Baca juga : 9 Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat dan Menaikkan Kolesterol Baik

Pada prosesnya, kadar kolesterol yang berlebih bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Terlebih, jika terus dibiarkan bisa memunculkan penyakit berbahaya termasuk stroke dan penyakit jantung.

Sebagai bentuk pencegahannya, seseorang dengan kadar kolesterol tinggi bisa memasukan beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan kadar tersebut. Salah satunya adalah daun jambu biji.

Umumnya, jambu biji merupakan salah satu buah yang banyak dijumpai di Indonesia. Tak hanya buahnya, namun daun jambu biji juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Dikutip dari The Health Site, daun jambu biji telah digunakan pada pengobatan kuno untuk mengobati peradangan, mengelola diabetes, hingga mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Jurnal nutrition and Metabolism menunjukan beberapa fakta. Meminum ekstrak daun jambu biji saat makan bisa berdampak baik bagi kesehatan.

Selain mengontrol kadar glukosa darah, ekstrak daun jambu biji juga efektif menurunkan kadar kolesterol darah. Daun jambu biji ini memiliki sifat antihiperlipidemia dan bisa menurunkan kadar fosfolipid serum, trigliserida serum, dan kolesterol jahat atau kadar LDL.

Baca juga : Khasiat Daun Kenikir sebagai Penurun Kolesterol

Cara membuatnya pun cukup mudah, anda hanya memerlukan daun jambu biji beserta mendidih untuk membuat minuman tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

-Pertama, siapkan beberapa lembar daun jambu biji.
-Lanjut, cuci daun jambu biji dibawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran yang menempel.
-Setelah itu, siapkan dua cangkir berisikan air mendidih. Lalu masukkan daun jambu biji tersebut.
-Panaskan selama beberapa menit.
-Terakhir, saring airnya, dinginkan, lalu minum.

Sebagai catatan, ekstrak daun jambu biji ini adalah obat alami. Sehingga mungkin dampaknya tidak terlalu efektif bagi sebagian orang.
(bim)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3418 seconds (10.55#12.26)