Benarkah Virus Cacar Monyet Telah Bermutasi? Ini Penjelasan Dokter

Rabu, 27 Juli 2022 - 17:53 WIB
loading...
Benarkah Virus Cacar Monyet Telah Bermutasi? Ini Penjelasan Dokter
Virus cacar monyet sudah membelah diri sebanyak 50 kali dibandingkan dari strain virus 4 tahun lalu. / Foto: ilustrasi/telegraph.co.uk
A A A
JAKARTA - Beberapa negara banyak yang melaporkan bahwa gejala klinis cacar monyet yang 3 bulan belakangan ini mewabah berbeda dengan karakter cacar monyet yang ada di negara endemisnya, Afrika Barat dan Afrika Tengah.

Apakah ini artinya virus cacar monyet telah bermutasi, sama seperti virus Covid-19?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Tropik dan Infeksi, dr. Robert Sinto, Sp.PD-KPTI, menjelaskan bahwa memang benar sudah terjadi mutasi pada virus cacar monyet.

Baca juga: Ini 5 Bahan Skincare dan Kosmetik yang Perlu Dihindari Ibu Hamil

Itu kenapa gejala klinis yang terlihat pada kasus yang sekarang banyak dilaporkan di negara nonendemik berbeda dengan gejala klinis di Afrika.

"Apakah ada mutasi (pada virus cacar monyet)? Jawabannya iya ada," ungkap dr. Robert dalam konferensi pers Kementerian Kesehatan secara virtual, Rabu (27/7/2022).

Dokter Robert melanjutkan, menurut laporan yang ada sekarang ini, menunjukkan bahwa kalau dibandingkan dengan strain virus pada 2018 bahkan 2019, itu sudah ada 50 titik mutasi baru di strain yang sekarang ini menyebar.

Artinya, virus cacar monyet sudah membelah diri sebanyak 50 kali dibandingkan dari strain virus 4 tahun lalu.

"Ini keniscayaan virus. Secara alami, virus akan membelah dan setiap kali membelah, berpotensi untuk terjadi mutasi," kata dr. Robert.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)