Jaga Kebudayaan Nusantara di Era Modern, WBI Foundation Gelar Acara Jagantara

Jum'at, 29 Juli 2022 - 11:22 WIB
loading...
Jaga Kebudayaan Nusantara di Era Modern, WBI Foundation Gelar Acara Jagantara
Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation kembali menunjukkan eksistensinya dalam menjaga kebudayaan Indonesia. / Foto: Instagram @wbi.foundation
A A A
JAKARTA - Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation kembali menunjukkan eksistensinya dalam menjaga kebudayaan Indonesia. Aksi nyata yang kini dilakukan adalah menghadirkan event Jagantara atau Jaga Warisan Nusantara.

Jagantara merupakan ruang bagi masyarakat untuk memiliki kepedulian bersama akan berharganya kekayaan budaya Indonesia. Terlebih, di era modern seperti sekarang ini yang tanpa disadari berbagai unsur budaya termasuk kesenian dan adat istiadat perlahan terkikis dan tergantikan oleh unsur budaya luar.

"Acara ini diselenggarakan oleh WBI Foundation. Lewat kegiatan seperti ini, WBI ingin berkontribusi secara langsung pada kemajuan budaya nasional serta memanfaatkan dan melestarikan budaya secara kreatif," terang pernyataan resmi WBI Foundation yang diterima MNC Portal, Jumat (29/7/2022).

Baca juga: 5 Film Korea yang Menguras Air Mata, Menyayat Hati

Hadirnya Jagantara juga diharapkan bisa membangun rasa cinta pada bangsa Indonesia, khususnya bagi kaum muda, dan diharapkan dapat terus mendukung keberadaan pelaku budaya di negeri ini. Tidak hanya itu, Jagantara juga diharapkan bisa menjadi ruang bagi mereka yang mau berkarya.

Ada apa saja di acara Jagantara ini? Acara yang berlangsung selama 29 Juli-21 Agustus 2022 di Ashta District 8, Jakarta Selatan, ini bakal memanjakan masyarakat dengan berbagai kegiatan mulai dari wastra nusantara, kuliner, sinema, kerajinan tangan, dan interior, serta berbagai kegiatan lainnya bertemakan anak muda.

Di bidang wastra nusantara misalnya, pengunjung yang hadir bisa melihat Pohon Jagantara yang merupakan instalasi pohon raksasa yang berhiaskan kain-kain indah dari berbagai daerah di Indonesia.

"Selain itu, dihadirkan juga aneka produk fashion, kerajinan, dan keperluan interior yang dibuat dari kain-kain tradisional khas Indonesia," papar keterangan resmi tersebut.

Produk-produk yang dihadirkan di Jagantara dibuat sesuai dengan kebutuhan gaya hidup saat ini yang mengutamakan kepraktisan tapi tetap memiliki sentuhan etnik Indonesia. Bahkan, kerajinan interior yang dipamerkan sudah menembus pasar Internasional, sehingga memiliki potensi ekonomi yang menjanjikan.

Tidak cukup dengan itu, di Jagantara juga hadir instalasi Heritage Diplomacy yang menghadirkan 8 karya desainer Indonesia menggunakan bahan wastra dari berbagai daerah, seperti songket Sumatera Barat, tenun Sumba, dan batik Cirebon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)