Ingin Laris Jualan Online? Yuk Coba Ikuti Tips Berikut Ini!

Jum'at, 29 Juli 2022 - 15:18 WIB
loading...
Ingin Laris Jualan Online? Yuk Coba Ikuti Tips Berikut Ini!
Fotografer senior MPI Suratman sedang memeragakan cara memotret produk di acara Workshop photography Photo Penambah Cuan di Asimetri Kopi, Cibinong, Bogor, Selasa (27/7/2022). Foto/Dok MPI
A A A
BOGOR - Jualan online saat ini sudah menjamur di berbagai daerah, bahkan kota kecil. Gambaran produk yang ditawarkan, mutlak dibutuhkan untuk menarik minat dari para calon pembeli.

Foto, salah satu media yang memiliki peran penting dalam menjalankan bisnis tersebut. Ketika foto produk memiliki 'nilai, maka peluang dagangan yang dijajakan laku semakin besar.

Fotografer senior MPI (MNC Portal Indonesia) R. Suratman, mencoba berbagi tips, foto seperti apa yang bisa menggoda calon pembeli. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pelaku bisnis online, agar produknya bisa dilirik masyarakat luas, para warganet.

Untuk menghasilkan foto yang layak 'jual,' tidak melulu harus dengan modal besar, misalnya saja menyewa studio. Dengan memanfaatkan perlengkapan yang ada di rumah, bisa menghasilkan karya foto yang mumpuni.

"Kalau mau memfoto produk, pikirannya tidak usah terlalu njlimet, pake studio gede terus peralatannya mahal," kata Suratman saat menjadi pemateri dalam Workshop photography 'Photo Penambah Cuan' di Asimetri Kopi, Cibinong, Bogor, Selasa (27/7/2022).


"Kita bisa manfaatin alat-alat yang ada di rumah. Ada senter, semprotan debu, meja, kursi. Pokoknya peralatan yang ada di rumah, Insya Allah bisa dimanfaatkan membuat foto produk kita, produk apapun, yang layak untuk dilihat, layak dinilai, dan layak dibeli," lanjut dia.

Warna produk, jelas dia, juga harus menjadi perhatian saat akan memfoto sebuah produk. Warna tersebut harus memiliki harmonisasi dengan tempat dari produk tersebut.

"Perhatikan betul dominasi warna kue. Misalnya warna cokelat. Lalu kita pikirkan warna apa yang akan kita gunakan untuk background. Bisa putih, bisa hitam. Kalau produk kita Putri Salju, background-nya warna putih, gambarnya akan hilang," papar dia.

"Terus pencahayaan. Kenapa bikin studio, karena untuk cukup cahaya. Studio bisa kita buat sendiri, studio mini," tambah dia.

Tema produk, adalah hal selanjutnya yang harus jadi perhatian. Dengan memperhatikan tema, karya foto akan benar-benar bisa 'berbicara' banyak terkait produk yang dipromosikan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2786 seconds (0.1#10.140)