Chef Bara Perkenalkan Aneka Sambal Indonesia yang Bisa Jadi Kuliner Khas Nusantara

Sabtu, 30 Juli 2022 - 19:10 WIB
loading...
Chef Bara Perkenalkan Aneka Sambal Indonesia yang Bisa Jadi Kuliner Khas Nusantara
Chef Bara Raoul Pattiradjawane memperkenalkan aneka sambal Indonesia di pameran Jaga Warisan Nusantara (Jagantara) di kawasan SCBD, Jakarta, Sabtu (30/7/2022). Foto/Novie Fauziah
A A A
JAKARTA - Chef Bara Raoul Pattiradjawane memperkenalkan aneka sambal Indonesia di pameran Jaga Warisan Nusantara (Jagantara) di kawasan SCBD, Jakarta, Sabtu (30/7/2022). Sambal ini dinilai bisa menjadi bagian dari kuliner khas nusantara.

Menurut Chef Bara, sambal yang akan diperkenalkannya sangat asing untuk sebagian masyarakat. Pasalnya, sambal ini dibuat menggunakan resep keluarga yang sudah turun-temurun.

"Resep yang sudah turun-temurun. Jadi saya ingin mempopulerkan sambal-sambal ini, bagian dari warisan budaya kuliner indonesia," kata Chef Bara di pameran Jaga Warisan Nusantara (Jagantara) di kawasan SCBD, Jakarta, Sabtu (30/7/2022).

Chef Bara pun memberikan contoh beberapa nama sambal resep keluarga yang akan dipresentasikan. Di antaranya, sambal sampah dari Garut, tekospati dari Lampung, sirawir dari Nusa Tenggara Barat, sambal edy dari Pontianak, hingga dabu-dabu Gorontalo yang menggunakan belimbing wuluh sebagai ciri khasnya.

Baca Juga: Hadiri Pameran Jagantara, Airlangga Hartarto Cicipi Kue Pancong dan Gudeg

Sambal, dijelaskan Chef Bara sudah menjadi bagian dari Indonesia. Sebagian besar masyarakat akan kurang nikmat, jika makan tanpa sambal. Apalagi masing-masing daerah memiliki keunikan dan ciri khas sambalnya.

"Jadi inilah sambal-sambal yang resepnya itu dimiliki oleh keluarga Indonesia. Saat riset, saya meminta resep-resep sambal yang ada di keluarga masing-masing," jelas Chef Bara.

Sementara itu, Jagantara merupakan ruang bagi masyarakat untuk memiliki kepedulian bersama akan berharganya kekayaan budaya Indonesia. Terlebih, di era modern seperti sekarang yang tanpa disadari berbagai unsur budaya termasuk kesenian dan adat istiadat perlahan terkikis dan tergantikan oleh unsur budaya luar.

Hadirnya Jagantara juga diharapkan bisa membangun rasa cinta pada bangsa Indonesia, khususnya bagi kaum muda, dan diharapkan dapat terus mendukung keberadaan pelaku budaya di negeri ini. Tidak hanya itu, Jagantara juga diharapkan bisa menjadi ruang bagi mereka yang mau berkarya.

Baca Juga: 8 Makanan Vegetarian Asli Indonesia, Nomor Terakhir Sangat Mudah Dijumpai

Acara yang berlangsung dari 29 Juli hingga 21 Agustus 2022 ini coba memanjakan masyarakat dengan berbagai kegiatan mulai dari wastra nusantara, kuliner, sinema, kerajinan tangan, dan interior, serta berbagai kegiatan lainnya bertemakan anak muda.
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1443 seconds (11.252#12.26)