Cegah Cacar Monyet, Sandiaga Uno Minta Masyarakat Terapkan CHSE

Senin, 01 Agustus 2022 - 19:47 WIB
loading...
Cegah Cacar Monyet, Sandiaga Uno Minta Masyarakat Terapkan CHSE
Berbagai cara dilakukan untuk mencegah cacar monyet.Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan penerapan protokol kesehatan CHSE dapat mencegah penyakit ini. Foto/Novie Fauziah
A A A
JAKARTA - Berbagai cara dilakukan untuk mencegah cacar monyet . Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan penerapan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability) dapat mencegah penyakit ini.

Maraknya cacar monyet bisa mengancam industri pariwisata. Karena itu, pemerintah kian memperketat guna melindungi masyarakat khususnya para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) agar terhindar dari penyakit tersebut.

"Saat kita masih menghadapi pandemi Covid-19, juga dengan berbagai varian baru. Kini timbul lagi penyakit baru ini (cacar monyet). Untuk itu mari tingkatkan kewaspadaan," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (1/8/2022).




Sandiaga melanjutkan, bahwa pihaknya selalu berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), terkait dengan perkembangan cacar monyet. Agar masyarakat, khususnya pelaku parekraf lebih waspada.

Meski penyakit ini belum terdeteksi di Indonesia, Sandiaga memastikan bahwa pihaknya akan terus berupaya agar masyarakat bisa terlindungi. Misalnya, dengan mengawasi negara tetangga seperti Singapura. Di mana wilayah tersebut sangat dekat dengan Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

"Kita apresiasi, Dinas Kesehatan Kota Batam telah menyiapkan dua rumah sakit isolasi. Khusus untuk antisipasi cacar monyet," tandasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2113 seconds (0.1#10.140)