7 Dampak Buruk Rokok bagi Wanita, Wajib Tahu!

Rabu, 03 Agustus 2022 - 10:25 WIB
loading...
7 Dampak Buruk Rokok bagi Wanita, Wajib Tahu!
Rokok terbukti sangat berbahaya bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Tak terkecuali bagi para wanita. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Rokok terbukti sangat berbahaya bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Tak terkecuali bagi para wanita yang memiliki kebiasaan merokok, tentu bisa berdampak buruk bagi kesehatan mereka.

Pasalnya, tubuh wanita jauh lebih rentan daripada laki-laki karena kaum hawa mengalami siklus hormonal. Untuk itu, perlu diketahui dampak buruk rokok bagi wanita.

Melansir berbagai sumber, setidaknya ada tujuh dampak buruk rokok bagi kesehatan wanita.



1. Kanker Paru

Dampak buruk rokok pertama yaitu sudah jelas, yakni kanker paru. Biasanya kanker ini didominasi oleh para pria, namun justru kini wanita dengan kanker paru juga kian meningkat jumlahnya, seiring dengan kebiasaan merokok.

2. Gangguan Menstruasi

Dampak rokok lain bagi wanita adalah gangguan menstruasi dan memengaruhi tingkat kesuburan. Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang merokok lebih berisiko mengalami infertilisasi atau tidak mampu hamil dibanding mereka yang tidak merokok.

3. Kanker Payudara

Bagi wanita yang memiliki kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko terkena semua jenis penyakit kanker, terutama kanker payudara. Hal itu dikarenakan tubuh wanita tidak bisa memproses segala zat kimia yang ada dalam kandungan rokok.

4. Gangguan Kehamilan

Merokok akan menyebabkan komplikasi kehamilan, termasuk berat badan lahir rendah, kelahiran prematur, keguguran, kematian janin, dan sindrom kematian bayi mendadak (Sudden Infant Death Syndrome).

Anda yang memiliki kebiasaan merokok saat hamil, mungkin memiliki risiko yang lebih besar untuk melahirkan bayi dengan gangguan paru-paru.



5. Meningkatkan Asam Lambung

Menurut Michael Brown, MD, profesor kedokteran di Rush University Medical Center, Chicago, merokok dapat mengganggu saluran pencernaan, dan secara tidak langsung juga berkontribusi menyebabkan terjadinya penyakit maag serta meningkatkan refluk asam lambung.

6. Mengurangi Kepadatan Tulang

Selaim bahaya di atas, tubuh seorang perempuan juga akan menghambat proses penyerapan nutrisi. Sehingga hal itu mengakibatkan kurangnya kalsium dalam tubuh dan mengurangi kepadatan tulang.

7. Kanker Serviks

Sejatinya kanker serviks akibat rokok ini masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli. Namun, sebagian ahli mengklaim bahwa zat racun dalam asap rokok bisa mencapai leher rahim. Inilah yang bisa meningkatkan risiko infeksi yang memicu pembentukan sel kanker.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)