Punya Segudang Manfaat, Apakah VCO Mengandung Kolesterol?

Rabu, 03 Agustus 2022 - 08:09 WIB
loading...
Punya Segudang Manfaat, Apakah VCO Mengandung Kolesterol?
Kolesterol dapat dikontrol kadarnya dengan menjaga pola makan atau asupan kita setiap hari. Salah satunya dari bahan pangan seperti VCO. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kolesterol dapat dikontrol kadarnya dengan menjaga pola makan atau asupan kita setiap hari. Salah satunya dari bahan pangan seperti minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO)

VCO dikenal berkat segudang manfaatnya. Namun, ada anggapan bahwa produk olahan buah kelapa ini kurang baik bagi kesehatan karena mengandung kolesterol.

Selama ini VCO kerap dianggap menyebabkan kolesterol karena tingginya lemak jenuh yang bisa memicu penyakit jantung koroner. Padahal, di luar anggapan tersebut, VCO telah menjadi salah satu andalan sebagai tambahan pada makanan yang dianggap lebih sehat dari jenis minyak lain.



VCO terkenal dengan segudang manfaatnya. Mulai dari menurunkan berat badan, baik untuk sistem pencernaan, salah satu tambahan makanan bagi yang menjalankan diet katogenic, hingga berbagai manfaat untuk kecantikan.

Lantas, apakah VCO mengandung kolesterol? Apa saja kandungan yang ada di dalam VCO? Berikut ulasannya, dikutip dari berbagai sumber, Rabu (3/8/2022).

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diambil minyaknya, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB. VCO bisa dibuat dengan memeras kelapa tua dan mengambil santannya dengan cara tradisional.

Santan ini lalu diproses lewat fermentasi, mencampur enzim tertentu, atau menggunakan mesin sentrifugal untuk memisahkan ampas kelapa, air, dan minyak bening yang dikenal sebagai minyak VCO.

Dalam satu sendok makan VCO, ada total 13 gram lemak. Sebanyak 11 gram berasal dari lemak jenuh. Jenis lemak jenuh yang ditemukan pada minyak kelapa dara adalah asam laurat atau lauric acid.

Studi terbitan Processes (2020) menunjukkan bahwa kadar asam laurat pada minyak kelapa dara setara 53,70-54,06 persen. Sementara itu, minyak kelapa biasa hanya mengandung asam laurat sebanyak 2,81% dari seluruh kandungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)